Sukses


Shopee Liga 1: Dokter Tim Persipura Beri Penanganan Terbaik Bagi Pemain Yang Positif Terpapar COVID-19

Bola.com, Jayapura - Satu pemain Persipura dinyatakan positif COVID-19 usai menjalani swab test pada Senin (28/09/2020 lalu. Kini pemain yang disimpan jatidirinya itu berada dalam penanganan dokter tim Benny Suripatty.

"Kami sudah lakukan protap sesuai protokol yang diinstruksikan Kemenkes. Saat ini pemain Persipura yang positif telah kami isolasi mandiri. Kami juga berikan multivitamin dan nutrisi terbaik agar cepat pulih," kata Benny Suripatty.

Selain itu, lanjut Benny, pemain tersebut juga dicarikan tempat khusus yang jauh dari keramaian di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu, tempat menginap tim Persipura, untuk berjemur.

"Berjemur jadi solusi terbaik. Karena sinar matahari bisa meningkatkan provitamin D. Tapi kami harus cari tempat yang free," ujarnya.

Benny Suripatty juga telah melakukan tracing internal guna melacak anggota tim yang pernah kontak langsung dengan pemain yang positif COVID-19 tersebut.

"Tracing sudah dilakukan. Berikutnya dilakukan tes swab. Soal si pasien, kami akan swab lagi dan isolasi mandiri beberapa hari ke depan. Kami akan pulang ke Papua, karena tim diliburkan. Saya harus pastikan dia negatif," ucapnya.

Namun Benny Suripatty tak bisa melakukan tracing eksternal. Karena dia tak tahu dengan siapa si pemain kontak waktu keluar hotel.

"Tracing luar butuh waktu. Lebih baik kami fokus dengan perawatan dan pemulihan kondisi pemain. Sebenarnya kita sudah jalankan protokol," katanya lagi.

"Tapi di sini kita punya waktu 24 jam. Jadi kami kan tidak terus di hotel. Kadang kita butuh sesuatu yang harus kita cari di luar hotel. Seperti saya ketika butuh obat, maka saya harus ke apotek dan bertemu orang lain. Dia mungkin waktu keluar lupa tak menutup muka dengan masker saat bertemu orang di luar tim Persipura," tuturnya.

 

2 dari 3 halaman

Yakin Atlet Lebih Cepat Sembuh

Tapi Benny Suripatty menganggap satu pemain Persipura yang terinfeksi COVID-19 hal positif.

"Persipura satu pemain positif. Di tim lain ada yang kena dua, bahkan enam. Bagi saya ini positif, karena kita jadi tahu seberapa disiplin penerapan protokol kesehatan," jelasnya.

Dokter yang juga anggota Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura ini yakin si pemain akan cepat pulih.

"Imun seorang atlet lebih kuat dibanding orang awam. Jadi saya yakin dia akan segera pulih. Virus ini belum ada obatnya. Cara melawannya dengan meningkatkan kekebalan tubuh," paparnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer