Sukses


Liga 1: Berlatih Tanpa Aji Santoso, Pemain Persebaya Tetap Memperlihatkan Semangat

Bola.com, Surabaya - Skuad Persebaya Surabaya berlatih tanpa pelatih kepala Aji Santoso mulai hari ini. Arsitek tim asal Malang itu sudah tidak terlihat ketika Rendi Irwan dkk. berlatih di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Selasa (15/6/2021) sore WIB.

Penyebabnya, Aji Santoso dan asisten pelatih Bejo Sugiantoro mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh sponsor Persebaya Surabaya di Jakarta. Selain itu, tiga pemain Persebaya, yaitu Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Samsul Arif juga tidak hadir. Mereka akan absen sampai beberapa hari ke depan.

Latihan tim Bajul Ijo diambil oleh asisten pelatih Mustaqim mulai hari ini. Sosok pelatih berusia 56 tahun itu menjalankan instruksi dari Aji Santoso selama absen nanti.

"Saya pikir tidak ada masalah. Artinya, program dari Coach Aji yang menjalankan juga asisten pelatih. Saya dan Coach Aji selalu berpesan, ada pelatih kepala atau tidak. Tetap latihan seperti ada pelatih kepala," ujar asisten pelatih yang karib disapa Abah Taqim itu.

"Yang membuat program tetap adalah pelatih kepala, kami asisten pelatih hanya menjalankan program. Anak-anak juga menjalankan latihan dengan 100 persen. Latihan terakhir pun lari 50 meter juga maksimal. Tapi, saya lihat anak-anak luar biasa," imbuhnya.

Persebaya Surabaya masih dalam tahap memberikan latihan untuk penguatan fisik dan latihan ringan demi menatap Liga 1 2021/2022. Upaya untuk membuat para pemain makin kompak juga menjadi perhatian.

2 dari 3 halaman

Mengenalkan Permainan Persebaya Kepada Pemain Asing

Kehadiran para pemain asing baru juga membuat jajaran pelatih masih perlu mengenalkan gaya permainan Persebaya Surabaya. Semua pemain asing yang direkrut oleh Bajul Ijo pada musim ini belum pernah berkarier di Indonesia.

Para pemain asing Persebaya itu adalah gelandang Taisei Marukawa dari Jepang, bek Alie Sesay dari Sierra Leone, dan duo Brasil, yaitu striker Jose Wilkson dan gelandang Bruno Moreira. Mereka masih perlu beradaptasi di tim baru.

Selain itu, Mustaqim menyebutkan bahwa pihaknya menunggu kedatangan pemain yang baru saja kembali dari memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka adalah Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Arif Satria, dan Ady Setiawan.

"Hari ini kami latihan, tetap belum ke taktikal karena menunggu pemain-pemain lengkap, menunggu pemain-pemain tim nasional. Mereka mungkin baru datang pada 19 Juni nanti," ucap Mustaqim.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer