Sukses


Dicap Sebagai Pelatih Terbaik di Dunia, Pep Guardiola Pilih Merendah

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, kerap disebut sebagai satu di antara pelatih terbaik di dunia. Namun, Guardiola merasa belum layak mendapatkan label tersebut.

Sejak menjalani karier sebagai pelatih pada Juni 2007, pria asal Spanyol tersebut terus menorehkan berbagai prestasi. Menangani Barcelona dari 2008 sampai 2012, Guardiola berhasil merengkuh 14 titel juara.

Beberapa gelar yang diraih Pep Guardiola di Barca adalah tiga trofi La Liga, dua titel Copa de Rey, dua trofi Liga Champions, serta dua gelar Piala Dunia Antarklub. Guardiola juga membuat Barcelona menjadi satu di antara klub terbaik sepanjang sejarah dengan taktik tiki-taka.

Hengkang ke Bayern Munchen, prestasi Guardiola tak pernah meredup. Mengasuh Die Bayern dari Juni 2013 sampai Juni 2016, pelatih berusia 49 tahun tersebut berhasil meraih tujuh titel juara, termasuk tiga trofi Bundesliga Jerman.

Setelah angkat kaki dari The Bavarians, Pep Guardiola menerima tawaran dari Manchester City pada 1 Juli 2016. Dia pun sukses membawa Man City merengkuh tujuh titel juara dalam tiga musim terakhir.

 

2 dari 3 halaman

Belum Layak

Mengoleksi 28 trofi membuat Pep Guardiola menyandang status sebagai satu di antara pelatih terbaik di dunia. Namun, mantan gelandang Timnas Spanyol itu merasa tak layak dengan label tersebut.

"Apa itu pelatih terbaik di dunia? Saya tidak pernah merasa saya yang terbaik, tidak pernah dalam hidup saya. Ketika saya memenangkan enam gelar beruntun di Barcelona dan memenangkan treble winner, saya tidak pernah merasakannya," ujar Guardiola.

"Saya menang karena saya memiliki pemain luar biasa di klub besar. Ada manajer yang luar biasa, mereka tidak memiliki pemain ini, mereka tidak memiliki klub besar ini," tambahnya.

"Saya seorang manajer yang bagus tetapi bukan yang terbaik. Beri saya tim yang tidak seperti Manchester City, saya tidak akan menang," tutur Guardiola.

Sumber: FourFourTwo

3 dari 3 halaman

Video

3 Pemain Pengganti Sadio Mane di Liverpool, Termasuk Philippe Coutinho

Video Populer

Foto Populer