Sukses


Resep Jitu Mikel Arteta Membenahi Pertahanan Rapuh Arsenal

Bola.com, Jakarta - Kerja Keras Mikel Arteta di Arsenal mulai membuahkan hasil positif. Teranyar, The Gunners berhasil memetik kemenangan 1-0 dalam kunjungan ke kandang Olympiakos pada duel leg pertama 32 besar Liga Europa 2019-2020, Jumat (21/2/2020).

Kemenangan itu tidak datang dengan mudah. Arsenal sempat kesulitan selama 60 menit pertama, sampai akhirnya Alexandre Lacazette mencetak gol penentu kemenangan di menit ke-81.

Arteta tahu kemenangan itu penting untuk menatap leg kedua pekan depan. Arsenal pun berhasil menjaga momentum dengan tidak kebobolan dalam tiga pertandingan terakhir.

Pertahanan merupakan salah satu titik terlemah Arsenal sejak awal musim, Unai Emery bahkan sampai harus dipecat karena gagal menemukan solusi. Arteta perlahan-lahan mampu memperbaiki masalah tersebut.

Memang benar Arsenal belum benar-benar tampil konsisten, tapi setidaknya mereka tidak lagi membiarkan lawan mencetak gol dengan mudah.

"Saya berkata pada mereka bahwa mereka pun harus menikmati proses bertahan. Itu adalah bagian besar dari pertandingan dan seperti hari ini, jika Anda kehilangan bola dengan mudah, sebaiknya Anda berlari mundur untuk merebutnya kembali secepat mungkin," tegas Arteta di Arsenal.com.

"Mereka bermain dengan hati besar. Saya melihat usaha-usaha luar biasa dan alih-alih memecah, para pemain bergerak bersama dengan sangat cepat."

2 dari 3 halaman

Kerja Keras Pemain

Artinya, tidak ada rahasia besar di balik kebangkitan kualitas defensif Arsenal. Arteta hanya tertolong dengan kerja keras pemain di lapangan yang benar-benar mau bertahan.

"Sebelumnya pemain-pemain sayap kami memiliki kebiasaan berbeda, sekarang semuanya benar-benar berlari mundur," imbuh Arteta.

"Saya kira kami sudah bekerja keras untuk mempertahankan kerapatan formasi sebaik mungkin pada situasi-situasi berbeda, dan saya puas karena itu sangat penting," tuturnya.

 

Sumber asli: Arsenal

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 21/2/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer