Sukses


Liga Inggris: Liverpool Vs Manchester United, Setan Merah Ganas tapi Rapuh

Bola.com, Manchester - Manchester United datang ke markas Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris 2020/2021. Duel lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (17/1/2021) tersebut, diprediksi berlangsung sengit.  

Pertandingan ini digadang-gadang berlangsung dalam tensi tinggi. Rivalitas dan gengsi bakal menjadi bumbu laga ini.

Saat ini, Manchester United berada di atas angin. Posisi Setan Merah -julukan United- lebih bagus ketimbang Liverpool.

United berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 36 poin dari 17 pertandingan. Sementara, The Reds -julukan Liverpool- berada satu peringkat di bawah rivalnya itu dengan raihan 33 angka dari 17 laga.

Kendati saat ini masih di atas angin, ada sejumlah hal yang harus menjadi catatan bagi kubu Manchester United jika ingin meraih kemenangan pada laga ini dan bertahan di puncak klasemen. Apa saja hal-hal tersebut? 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Lini Serang Setan Merah Buas 

Jika ada yang menonjol dari kubu Setan Merah saat ini adalah produktivitasnya. Manchester United sudah mencetak 34 gol dari 17 pertandingan yang telah dilakoni. Ini artinya, dalam tiap laga, mereka rata-rata mencetak dua gol.

Produktivitas gol United ini berada di peringkat dua, di bawah Liverpool.

Kesuksesan United mencetak 34 gol ini lebih baik ketimbang nilai expected goals (xG) mereka. Nilai xG United, dalam perhitungan Infogol, saat ini dinilai berkisar 31,0. Nilai xG United itu sejatinya berada di peringkat lima, di bawah Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Aston Villa.

Berdasar perbandingan jumlah gol dan nilai xG ini, United bisa disebut telah menunjukkan permainan yang sangat bagus, terutama dalam aspek memanfaatkan peluang. Bahkan, dari peluang yang secara matematis kecil pun, mereka bisa mencetak gol.

 

3 dari 4 halaman

Benteng United Rapuh

Produktivitas Manchester United ternyata tak diikuti kukuhnya lini pertahanan. Sukses mencetak banyak gol, ternyata gawang Setan Merah juga kerap kebobolan.

Sejauh ini, gawang United sudah bobol 24 kali. Artinya, dalam tiap pertandingan gawang mereka kebobolan 1,41 kali. Catatan kebobolan United ini menempati peringkat 12 di antara tim-tim Premier League 2020/2021 musim ini.

Catatan kebobolan United ini pun tak jauh berbeda dengan nilai expected goals against (xGA) mereka. Dalam catatan infogol, nilai xGA Setan Merah mencapai 24,7 gol. sama seperti nilai kebobolan United, nilai xGA mereka pun sama-sama berada di peringkat 12.

 

4 dari 4 halaman

Raihan United Lebihi Ekspektasi 

Tak lepas dari produktivitas dan jumlah kebobolan mereka, performa United saat ini melebihi ekspektasi. Saat ini, United berada di peringkat pertama klasemen Premier League 2020/2021. Sementara, dalam perhitungan Infogol, Setan Merah semestinya berada di peringkat lima.

Perhitungan ini, menurut infogol, dilakukan dengan membuat permodelan terkait peluang yang diciptakan dalam upaya mencetak gol dan peluang lawan yang berbuah gol. Selain itu, model ini juga mensimulasikan poin yang didapat dari hasil pertandingan yang dilakoni.

Dengan metode yang sama, Infogol juga sudah memprediksi posisi United di klasemen akhir nanti. Setan Merah disebut bakal menjadi runner-up Premier League 2020/2021 musim ini.

Sumber: Bola.net (Penulis Dendy Gandakusumah/Editor Serafin Unus Pasi, published 16/1/2021)

Video Populer

Foto Populer