Sukses


Macam-Macam Fitur pada Aplikasi Edmodo

Bola.com, Jakarta - Edmodo adalah satu di antara hasil dari sebuah perkembangan teknologi informasi yang membantu dan menyongsong pendidikan abad 21, merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan media sosial untuk mendukung sistem pembelajaran online bagi para pegiat pendidikan, seperti guru, siswa, mahasiswa, dosen.

Di dalam platform Edmodo, baik pengajar maupun siswanya dapat saling berinteraksi dengan mudah. Hal ini akan mempermudah kegiatan-kegiatan pembelajaran seperti pemberian tugas, mengerjakan ujian, kuis, dan masih banyak lagi.

Edmodo dikembangkan oleh Nic Borg dan Jeff O’hara. Keduanya membuat versi pertama kali dari Edmodo pada akhir 2008 dan Edmodo dalam perkembangannya mengalami pertumbuhan cepat.

Pada awal 2011, Edmodo mencapai jumlah pengguna sebanyak 1 juta orang. Beberapa bulan kemudian jumlah ini naik mencapai 7 juta pengguna, dan tercatat tahun 2015 jumlah Edmodo menjadi 50 juta pengguna.

Tidak mengherankan Edmodo sekarang menjadi pemimpin di dunia sebagai jaringan pembelajaran sosial K-12.

Agar lebih paham berikut macam-macam fitur dalam aplikasi Edmodo, dilansir dari Idcloudhost, Rabu (7/6/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Fitur pada Aplikasi Edmodo

Parent Code

Edmodo bukan hanya mempermudah siswa dalam proses pembelajarannya dan juga guru dalam mengelola sistem pembelajaran. Namun, orang tua juga dapat mengambil peran melalui platform Edmodo ini dan agar bisa ikut berperan dalam platform ini orang tua harus mendaftarkan akunnya ke dalam aplikasi atau website Edmodo.

Edmodo telah lama menjadi alat yang ampuh bagi para guru yang ingin menjaga orang tua tetap terikat karena para orang tua dapat mengikuti tugas kelas, melacak nilai, dan menerima pesan tentang acara dan kegiatan.

Mereka dapat mengikuti melalui situs web Edmodo, atau dengan aplikasi Android atau iOS Edmodo yang dirancang untuk orang tua.

Award Badge

Sebagai bentuk apresiasi maupun penghargaan terhadap muridnya di Edmodo guru dapat memberikan sebuah "award badge". Murid yang mampu menuntaskan kuis, ujian, dan tugas dengan baik serta mendapat nilai yang baik berhak untuk menerima sebuah award badge dari gurunya.

Fitur ini memberikan manfaat besar bagi murid. Murid akan lebih termotivasi dalam kegiatan belajar selanjutnya. Bentuk apresiatif ini akan mendorong murid lebih tekun dan berusaha dalam setiap tugas dan ujian yang diberikan.

Polling

Fitur polling berhubungan dengan pengambilan suatu suara. Fitur ini membantu para guru dalam menggunakan Edmodo untuk mengetahui respons murid-muridnya. Misalnya ketika murid sudah menyelesaikan sebuah tugas maupun kuis.

Fitur dapat dipergunakan untuk mengetahui respons murid secara cepat mengenai penyelesaian tugas dan juga kuis tersebut. Namun, penggunaan fitur ini terbatas hanya bisa dilakukan oleh para guru saja.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Fitur pada Aplikasi Edmodo

Assignment

Fitur inilah yang paling berperan besar untuk membantu tugas seorang guru terhadap muridnya. Dengan fitur Assignment ini guru diberikan pelayanan oleh Edmodo untuk lebih efektif dan efisien dalam memberikan tugas kepada muridnya.

Dalam memberikan tugas guru dapat mencantumkan file, dokumen, link, dan apa pun resources yang ingin diberikan.

Pengumpulan yang dilakukan murid terhadap tugas di fitur ini juga mudah hanya dengan mengunggah dokumen penyelesaian, tekan Turn, tugas sudah terkumpul.

Tugas yang diberikan ini nantinya bisa digunakan kembali oleh para guru dan akan tersimpan secara otomatis di fitur Library.

Gradebook

Setelah guru memberikan tugas melalui fitur Assignment dan murid sudah mengumpulkannya maka fitur selanjutnya ini akan membantu guru dalam mengelola hasil tugas dari murid-muridnya. Fitur ini diberi nama oleh Edmodo yaitu Gradebook.

Fitur Gradebook memberikan kemudahan bagi guru untuk melakukan manajemen nilai baik secara manual maupun otomatis. Dengan fitur Gradebook data dari sebuah nilai akan terkumpul secara rapi dan guru bisa mendapatkan output file dengan format .csv dari data ini.

Fitur Gradebook secara penuh dikendalikan oleh guru, dan siswa hanya bisa melihat datanya saja.

Quiz

Zaman yang serba digital ini membuat berbagai kegiatan juga bisa dilakukan melalui via internet. Dulu untuk melaksanakan sebuah kegiatan ujian, kuis, dan kegiatan evaluasi pembelajaran lain pasti dibutuhkan kertas soal dan jawaban, sekarang hal itu bisa lebih diefisiensikan dengan bantuan fitur LSM.

Dalam Edmodo terdapat fitur Quiz, yang dapat membantu guru untuk memberikan ujian secara online baik itu kuis, ujian, ulangan, dan hal-hal lain.

Quiz ini nantinya juga akan tersimpan di fitur Library sehingga ke depannya jika diperlukan, kuis ini bisa digunakan lagi.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Fitur pada Aplikasi Edmodo

File dan Link

Jika dulu seorang guru dalam memberikan pelajaran di kelas biasanya hanya menggunakan media papan tulis saja, di Edmodo, media tersebut bisa dikembangkan lebih efektif lagi menggunakan sebuah fitur File dan Link.

Fitur ini membantu para guru memberikan sebuah catatan berupa file dokumen, teks, audio, video, dan lain-lain.

Format dari file yang dapat digunakan guru untuk membantu dalam proses pembelajaran adalah doc, ppt, xls, dan pdf.

Dengan bantuan fitur ini guru akan lebih bisa secara detail dalam menjelaskan sebuah materi kepada murid-muridnya karena didukung dengan sumber-sumber materi yang lengkap.

Library

Seperti umumnya sebuah perpustakaan yang menyimpan berbagai dokumen penting bagi pembelajaran baik itu buku, soal ujian tahun lalu, referensi-referensi jurnal, dan lain-lain, di dalam platform Edmodo juga terdapat fitur tersebut.

Bedanya, fitur Library di Edmodo dan dunia nyata lebih kepada efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaannya. Fitur ini dapat menampung berbagai macam file dan link yang digunakan guru sebagai bahan ajar murid-muridnya.

Bisa diibilang fitur ini sebagai tempat bagi murid untuk belajar materi yang diberikan oleh gurunya dan Library ini juga sebagai sebuah penyimpanan materi pembelajaran.

Edmodo memberikan layanan tanpa batas penyimpanan bagi para guru agar guru dapat dengan mudah mengatur, mengelola, mengurutkan, bahkan membagi sumber materi pelajarannya.

 

Sumber: Idcloudhost

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer