Sukses


Bacaan dan Kandungan Surah Ali Imran Ayat 190-191

Bola.com, Jakarta - Surah Ali Imran ayat 190-191 merupakan ayat Al-Qur'an yang isinya membuat Rasulullah saw. menangis.

Dalam surah Ali Imran ayat 190-191 menjelaskan tentang besarnya kuasa Allah Swt. dalam menciptakan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam.

Pada hakikatnya, surah Ali Imran ayat 190-191 mengajarkan kita untuk memperhatikan lingkungan sekitar sebagai tanda kekuasaan Allah Swt., bagi ulul albab.

Ulul albab yang diterjemahkan sebagai orang-orang berakal memiliki dua ciri utama, yakni zikir dan pikir.

Sebagai informasi, surah Ali Imran adalah surah ketiga dalam Al-Qur'an dan tergolong surah Madaniyah. Hal ini berarti semua ayatnya diturunkan sewaktu Nabi Muhammad saw. ada di Kota Madinah.

Berikut ini bacaan dan kandungan surah Ali Imran ayat 190-191, disadur dari Dream, Senin (31/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Surah Ali Imran Ayat 190-191

اِنَّ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَاخۡتِلَافِ الَّيۡلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الۡاَلۡبَابِ

الَّذِيۡنَ يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوۡدًا وَّعَلٰى جُنُوۡبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُوۡنَ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هٰذَا بَاطِلًا ۚ سُبۡحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Inna fii khalqis samaawati wal ardi wakhtilaafil laili wannahaari la Aayaatil liulil albaab. Allaziina yazkuruunal laaha qiyaamaiw-wa qu'uudanw-wa 'alaa juno obihim wa yatafakkaruuna fii khalqis samaawaati wal ardi Rabbanaa maa khalaqta haaza baatilan Subhaanak faqinaa 'azaaban Naar."

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."

3 dari 3 halaman

Kandungan Surah Ali Imran Ayat 190-191

  • Penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang merupakan tanda kekuasaan Allah.
  • Tanda kekuasaan Allah di alam semesta ini hanya diketahui oleh ulul albab.
  • Ulul albab adalah orang yang berzikir dan berpikir. Ia selalu ingat kepada Allah dalam segala kondisi dan ia juga mempergunakan akalnya untuk memikirkan penciptaan alam semesta.
  • Tafakkur atau berpikir yang benar akan mengantarkan pada kesimpulan bahwa Allah menciptakan sesuatu tidak ada yang sia-sia. Semuanya benar, semuanya bermanfaat.
  • Tafakkur atau berpikir yang benar juga melahirkan kedekatan kepada Allah dan memperbanyak doa kepada-Nya.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 5/2/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer