Sukses


Rahmad Darmawan Janji Minimal Indonesia Tembus Semifinal AFF 2016

Bola.com, Jakarta - Sosok Rahmad Darmawan didapuk PSSI menjadi salah satu nomine pelatih Timnas Indonesia buat keperluan tampil di Piala AFF 2016. Pelatih asal Lampung tersebut menjanjikan Tim Merah-Putih minimal menembus fase semifinal.

“Jika terpilih target yang saya canangkan terlebih dahulu adalah lolos semifinal Piala AFF 2016. Setelah itu baru kita pikirkan peluang lolos ke semifinal,” ujar Rahmad.

Buat pelatih yang sukses mengantar Timnas Indonesia U-23 lolos ke final SEA Games 2011 dan 2013, mengaku punya hasrat besar kembali menangani Tim Garuda. “Tentu saja ini sebuah kebanggaan. Apalagi, jika saya terpilih, itu akan menjadi momen perdana saya melatih timnas senior. Sebelumnya kan saya hanya jadi pelatih Timnas Indonesia U-23 dan caretaker timnas senior,” ucapnya.

Akan tetapi sang mentor tak ingin tidak ingin terlalu sesumbar mematok target juara turnamen, karena level persaingan ASEAN saat ini amat ketat. Thailand, Singapura, Vietnam, serta Filipina bakal jadi lawan menyulitkan.

"Kita semua tentu amat berharap Indonesia bisa juara Piala AFF. Akan tetapi untuk bisa mencapainya tidak akan mudah. Butuh kerja keras dan persiapan yang matang," ungkap RD.

Walau sudah setahun lebih  tidak bertanding di kancah internasional, Rahmad menyakini Timnas Indonesia tetap bisa kompetitif. Alasannya, banyak pemain muda potensial tengah berada di level permainan terbaik di pentas kompetisi.

Berputarnya kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo mematangkan jam terbang bertanding mereka.

Melihat situasi saat ini, RD melihat sulit bagi dirinya menggeber pelatnas jangka panjang. Pasalnya kompetisi tengah berjalan, dengan jadwal terencana dalam interval waktu relatif panjang hingga delapan bulan.

“Melihat situasi saat ini, saya pikir siapapun yang terpilih sebagai pelatih tak akan mungkin menggelar agenda latihan jangka panjang berbulan-bulan. Kompetisi bakal terhambat. Opsinya mencari waktu kosong beberapa pekan menjelang turnamen untuk menggelar latihan," ungkap pelatih yang kini menukangi klub asal Malaysia, T-Team.

Penyelenggara kompetisi TSC 2016, PT Gelora Trisula Semesta berniat menggeser jadwal kompetisi untuk mengakomodir kepentingan persiapan Piala AFF.

"Pelaksanaan kompetisi kemungkinan besar baru berakhir pada bulan Januari atau Februari 2017. Hitungannya pada bulan Oktober hingga November kompetisi diliburkan. Hanya saja perubahan jadwal tersebut masih perlu pembicaraan lebih lanjut dengan klub-klub peserta dan PSSI," ucap Joko Driyono, Direktur Utama PT GTS.

 

 

Video Populer

Foto Populer