Sukses


Ranking FIFA: Indonesia Stagnan, Thailand - Filipina Melesat

Bola.com, Jakarta - Posisi Indonesia dalam rilis terbaru ranking FIFA per 24 November tidak mengalami perubahan. Tim Merah Putih tetap menempati posisi ke-179, sama seperti ranking bulan lalu.

Stagnannya posisi Indonesia dalam ranking FIFA tidak lepas dari hasil kurang memuaskan dalam laga uji coba terakhir jelang Piala AFF 2016. Kala itu, tim asuhan Alfred Riedl takluk 2-3 dari Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, 8 November 2016.

Selain uji coba melawan Vietnam, Timnas Indonesia juga memainkan satu uji coba melawan Myanmar, namun tidak masuk kalender resmi FIFA. Pada laga uji coba tersebut, Boaz Solossa dan kawan-kawan bermain imbang 0-0 di Stadion Thuwunna, Yangon, 4 November 2016.

Dengan menempati ranking ke-179, peringkat Indonesia di kawasan Asia Tenggara hanya lebih baik dari Brunei Darussalam yang menempati peringkat ke-190 dan Timor Leste yang menempati posisi ke-191.

Kontras dengan Indonesia, Filipina dan Thailand justru melesat dalam rilis terbaru ranking FIFA. Filipina yang sebelum berada di ranking ke-124, sukses naik tujuh tingkat ke posisi ke-117.

Keberhasilan Filipina naik di tangga ranking FIFA terjadi setelah mengalahkan tim yang sebelumnya berada di posisi ke-99, Kirgistan dengan skor 1-0 dalam uji coba terakhir mereka. Saat ini, Kirgistan justru turun 25 tingkat ke ranking ke-124.

Sementara itu, ranking Thailand yang mengalahkan Indonesia pada laga pembuka Piala AFF 2016, naik secara signifikan dalam rilis terbaru FIFA. The War Elephants naik 17 tingkat ke posisi ke-129. Hasil imbang 2-2 melawan Australia (ranking 48), mengatrol peringkat Thailand yang sebelumnya berada di ranking ke-146.

 

Brasil Dekati Argentina

Brasil berhasil melewati Jerman untuk menempati posisi kedua dalam ranking teranyar FIFA. Tim Samba berhasil mengikis jarak dengan Argentina yang masih berstatus tim nomor satu dunia.

Sukses Brasil menggeser Jerman tidak lepas dari hasil positif yang diraih Neymar dan kawan-kawan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Teranyar, tim yang diarsiteki Adenor Leonardo Bacchi alias Tite mengalahkan rival berat mereka, Argentina 3-0 pada awal bulan ini.

Lonjakan peringkat juga dialami Cile. Alexis Sanchez dkk. melewati Belgia dan Kolombia untuk menempati posisi keempat ranking FIFA. Sedangkan Spanyol masih tetap berada di posisi ke-10.

Di sisi lain, Armenia menjadi tim yang lonjakan peringkatnya paling signifikan dengan naik 38 tingkat ke ranking ke-87. Adapun Chad menjadi tim yang terjun bebas karena turun 49 posisi ke peringkat ke-152.

 

Video Populer

Foto Populer