Sukses


Prediksi Indonesia vs Thailand: Perjuangan Belum Usai

Bola.com, Yangon - Untuk ketiga kalinya Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan berarti di Piala AFF U-18 2017. Setelah bertemu Myanmar dan Vietnam di penyisihan Grup B, kini tim asuhan Indra Sjafri menghadapi Thailand.

Indonesia bertemu Thailand dalam semifinal yang digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, Jumat (15/9/2017), mulai jam 15.30 WIB. Tidak ada pilihan lain kecuali menang, untuk memuluskan target meraih gelar juara sesuai harapan PSSI.

Di pertandingan melawan pesaing berat di penyisihan grup, Indonesia mampu menekuk Myanmar, tetapi takluk di kaki para pemain Vietnam. Kini menghadapi Thailand, yang merupakan raja sepak bola Asia Tenggara, Indonesia diharapkan bisa memetik kemenangan.

Untuk menghadapi Thailand, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menekankan aspek fisik dibarengi taktik dan mental. Singkatnya masa recovery pemain, diharapkan tidak memengaruhi performa pemain di lapangan. Apalagi, partai kontra Thailand ini dimainkan pada sore hari.

Beruntung, hanya Muhammad Riyandi yang mengalami cedera. Ke-22 pemain lain, siap diturunkan sesuai strategi yang akan diusung Indra Sjafri. Namun, mungkin Feby Eka Putra yang belum bisa tampil 90 menit mengingat kondisinya belum fit 100 persen pasca terkena radang.

"Kebugaran pemain menjadi kunci. Oleh karena itu dalam persiapan untuk semifinal, kebugaran pemain benar-benar kami perhatikan. Pemain juga harus punya pikiran "dingin" karena cuaca memang luar biasa panas saat bermain sore hari," kata Indra Sjafri.

 

 

Bermain Senyaman Mungkin

Selain itu, kekuatan mental juga menjadi catatan tersendiri buat Indra Sjafri. Saddil Ramdani dkk. diminta bermain lepas, senyaman dan se-cool mungkin, jangan ada beban. Apalagi menghadapi Thailand yang sering menyulitkan Indonesia.

"Saya tekankan pemain harus punya mental selalu percaya diri, fokus, dan optimistis, sejak menginjak lapangan untuk memulai pertandingan. Kami sudah menyiapkan taktik bagaimana bermain melawan Thailand," tutur Indra Sjafri.

Sementara pelatih Thailand, Marc Alvares Palacio, memprediksi pertandingan melawan Timnas Indonesia U-19 bakal berlangsung ketat.

Siapa yang menguasai lini tengah, kemungkinan besar akan keluar sebagai pemenang karena mampu memegang kendali permainan serta punya lebih banyak peluang mencetak gol.

"Indonesia tim yang sangat bagus. Tapi, kami sudah mengantongi kelemahan mereka. Sisi itu yang akan kami jadikan menekan lawan," kata Palacio, tanpa merinci sisi mana kelemahan utama Indonesia.

Prakiraan Susunan Pemain
Indonesia (4-1-3-1-1): 30-Aqil Savik; 12-Rifad Marasabessy, 2-Kadek Raditya, 13-Rachmat Irianto, 4-Samuel Christianson; 7-Luthfi Kamal; 6-M. Iqbal, 8-Witan Sulaeman, 15-Saddil Ramdani; 10-Egy Maulana Vikri; 9-Rafli Mursalim
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand (4-4-1-1): 1-Kantaphat Manpati; 20-Wudtichai Kumkeam, 5-Kritsada Kaman, 15-Jaturapat Sattham, 21-Teerapat Laohabut; 14-Chokanan Saima-in, 6-Panyawat Nisangram, 10-Ekanit Panya, 19-Naravit Kaosantia; 9-Yuthapichai Lertlum; 11-Suriya Chaisuk
Pelatih: Marc Alvares Palacio

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer