Sukses


Jurgen Klopp Belum Sebanding dengan Jose Mourinho

Bola.com, Liverpool - Mantan pelatih Bayern Munchen, Ottmar Hitzfeld, meyakini Jurgen Klopp adalah satu di antara manajer hebat, tetapi belum bisa disejajarkan dengan Jose Mourinho. Untuk bisa sebanding dengannya, Klopp harus mengantarkan Liverpool meraih prestasi.

"Klopp merupakan satu di antara manajer hebat. Akan tetapi, Klopp tidak bisa dibandingkan dengan yang lain karena belum memenangi trofi bergengsi," kata Hitzfeld.

"Klopp akan menjadi juara Premier League cepat atau lambat. Saya yakin sepenuhnya akan hal itu. Dia sedang membangun sesuatu di sana. Dia adalah seorang motivator, contoh yang bagus untuk pelatih-pelatih di Jerman," tutur Hitzfeld.

Nama Jurgen Klopp mulai berkibar ketika melatih Borussia Dortmund pada 2008-2015. Selama periode itu, Klopp mengantarkan Die Borussen meraih dua titel Bundesliga, dua Piala Super Jerman, dan satu DFB Pokal.

Prestasi positif yang dicatatkan Klopp, membuat Liverpool membujuknya untuk menangani klub tersebut pada Oktober 2015. Saat itu, The Reds baru berpisah dengan Brendan Rodgers. Kedatangan Klopp membuat performa The Reds terdongkrak. Pada musim 2015-16, Klopp mengantarkan Liverpool tampil pada laga final Liga Europa, walaupun akhirnya takluk dari Sevilla.

Pada musim 2016-17, Jurgen Klopp mengantarkan Liverpool finis di posisi keempat pada klasemen akhir Premier League. Posisi tersebut membuat The Reds akan tampil pada Liga Champions pada musim 2017-18. Namun, Liverpool wajib melewati babak play off terlebih dahulu.

Kemampuan Klopp yang mampu meningkatkan performa Liverpool membuat dirinya kerap disandingkan dengan Jose Mourinho. Namun, Jose Mourinho masih lebih unggul dari Klopp jika melihat koleksi gelar yang pernah diraih.

Jose Mourinho telah meraih banyak kesuksesan selama berkarier sebagai manajer klub sepak bola. Manajer Portugal itu tercatat memenangi dua trofi Liga Champions, tiga Premier League, hingga tiga La Liga.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer