Sukses


MU Bajak 5 Pemain Ini dari Klub Rival

Jakarta Manchester United (MU) akhirnya secara resmi merekrut Alexis Sanchez dari Arsenal. Setan Merah rela mengorbankan Henrikh Mkhitaryan sebagai bagian kesepakatan. Ini bukan pertama kalinya MU membajak pemain bintang dari klub rival.

Hobi membajak MU bukan baru-baru ini saja dilakukan. Mereka bahkan tercatat sudah membajak pemain dari rivalnya sejak 1973 lalu.

Bahkan, tak sedikit pemain bajakan itu menjelma jadi legenda di Old Trafford. Mereka yang nyaris gabung klub lain, tiba-tiba ditelikung MU pada menit-menit akhir.

Ini pula yang terjadi dengan transfer Sanchez. Selain MU, striker asal Chile itu juga diminati oleh Manchester City, tapi kalah bersaing.

Lantas, siapa saja 5 pemain hasil bajakan MU dari tim rival? Berikut daftarnya seperti dikutip Sportskeeda:

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

5. Lou Macari

Lou Macari (talksport)

Legenda lini tengah United ini merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah bermain di Old Trafford. Dia membuat 329 penampilan Liga untuk klub tersebut dan mencetak 78 gol selama 11 tahun.

Dia awalnya ditakdirkan bermain untuk Liverpool setelah menyetujui kesepakatan dengan klub Merseyside itu. Namun, Manchester United menelikungnya pada menit terakhir.

Lou Macari adalah bintang di Celtic dan setuju untuk bergabung dengan Liverpool pada tahun 1973. Dengan kesepakatan tersebut, dia diundang ke Anfield untuk menyaksikan Liverpool menghadapi Burnley, di mana dia secara tidak sengaja duduk di samping asisten manajer United, Pet Crerand.

Semuanya berubah saat itu dan Lou Macari menandatangani kontrak bersama Manchester United beberapa hari kemudian. Meskipun ia gagal memenangkan banyak gelar di Old Trafford, warisannya tetap dikenang.

3 dari 6 halaman

4. Roy Keane

Roy Keane (AFP PHOTO/ANDREW YATES)

Roy Keane akan selalu menjadi legenda di Old Trafford. Dia bermain 480 kali untuk Manchester United dan meraih 7 gelar liga, 4 gelar Piala FA, dan gelar Liga Champions dalam masa baktinya selama 13 tahun.

Setelah beberapa musim yang hebat bersama Nottingham Forest, Roy Keane berada di bawah radar klub top Inggris. Kenny Dalglish (yang kemudian Manajer Blackburn) menyetujui kesepakatan 4 juta pounds dengan Nottingham Forest soal Keane.

Lalu datanglah klub MU. Ferguson lantas menghubunginya dan merayunya untuk bergabung Red Devils. Karena kontraknya belum ditandantangani bersama Blackburn, Dalglish tidak dapat mencegah Keane bergabung dengan Manchester United. Memang, ini adalah pembajakan terbesar abad ke-20.

4 dari 6 halaman

3. Dimitar Berbatov

Dimintar Berbatov (AFP PHOTO / PAUL ELLIS )

Dimitar Berbatov adalah salah satu striker terbaik yang pernah bermain di Inggris. Setelah sukses bersama Bayer Leverkusen dan Tottenham Hotspur, pemain asal Bulgaria itu diincar klub-klub papan atas Eropa.

Manchester United menjadi favorit kedua di belakang Manchester City. Tottenham menyetujui kesepakatan untuk menjualnya ke City, tetapi tidak bisa meyakinkan Dimitar Berbatov untuk bergabung dengan klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut.

Hubungan buruk antara United dan Spurs hampir merusak kesepakatan tersebut. Akan tetapi, Ferguson menyelesaikan masalah ini. Meskipun Daniel Levy tidak pernah menginginkannya pergi ke Manchester United, ambisi Berbatov membuat kesepakatan tersebut akhirnya terjadi.

Berbatov mengatakan setelah transfer tersebut, "Saya merasa tersanjung bahwa Sir Alex Ferguson memberi saya banyak waktu. Dia secara pribadi datang menjemput saya di bandara. Itu mengejutkan saya."

5 dari 6 halaman

2. Romelu Lukaku

Striker Manchester United, Romelu Lukaku, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Stoke City pada laga Premier League di Old Trafford, Senin (15/1/2018). Manchester United menang 3-0 atas Stoke City. (AP/Rui Vieira)

Chelsea telah dikenal karena sejumlah pembajakan transfer di masa lalu. Namun, mereka akhirnya kena ketula setelah incarannya kali ini dibajak MU, yakni Lukaku.

Mourinho mencari striker di bursa transfer menjelang musim 2017/18, dan Alvaro Morata dianggap sebagai target nomor satu. Namun, si empunya, Real Madrid masih ogah berhubungan dengan MU karena kasus David de Gea. Beralihlah target kepada Lukaku.

Dengan 51 gol untuk Everton dalam dua musim terakhir, Romelu Lukaku adalah salah satu properti terpanas di Eropa selama jendela transfer 17/18. Chelsea ada dalam kandidat terdepan untuk jasanya karena pernah jadi bagian dari karier Lukaku.

Tiba-tiba, Manchester United mengumumkan telah menyetujui kesepakatan 75 juta pounds dengan Everton untuk pemain berusia 24 tahun itu. Akhirnya, pemain timnas Belgia itu pindah ke Old Trafford beberapa hari kemudian.

6 dari 6 halaman

1. Alexis Sanchez

Manchester United resmi merekrut Alexis Sanchez dari Arsenal pada Senin (22/1/2018). (dok. Twitter Manchester United)

Saga transfer Alexis Sanchez akhirnya berakhir. Manchester United sukses mengunci jasa pemain berusia 29 tahun itu dari sergapan sejumlah raksasa Liga Inggris.

Pemain Chile itu merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini. Pemain berusia 29 tahun itu telah membuktikan kehebatannya di La Liga bersama raksasa Catalonoa, Barcelona, dan di Liga Inggris dengan Arsenal.

Dia merupakan salah satu pemain paling serbaguna di Eropa dan finisher yang mematikan. Kemampuan kerja dan kemampuannya itu membuatnya menjadi aset berharga bagi tim papan atas mana pun.

Sanchez sebenarnya nyaris saja gabung Manchester City, tetapi Manchester United mengejutkan kembali merusak rencana rivalnya itu. Alexis Sánchez menandatangani kontrak empat setengah tahun senilai 14 juta pounds per musim setelah pajak.

Dia akan mengenakan jersey nomor tujuh yang terkenal di Old Trafford dan diharapkan bisa melakukan debut Manchester United saat melawan Yeovil Town dalam pertandingan putaran keempat Piala FA. Dia telah mencetak 80 gol dalam 165 penampilan di semua kompetisi untuk Arsenal dan tentu akan dinantikan aksinya bersama Red Devils.

Eka Setiawan

Video Populer

Foto Populer