Sukses


Kobe Kagum Pemain Anyar Lakers, Disebut Layak Jadi Pengganti

Bola.com, Los Angeles - Los Angeles (LA) Lakers takluk di markas sendiri, Stadion Staples Center pada gim ke-38 kompetisi NBA, Sabtu (9/1/2016) siang WIB. Kobe Bryant dkk harus mengakui keunggulan Oklahoma City Thunder (OKC) dengan skor 113-117.

Kekalahan tersebut tergolong menyesakkan, karena membuat tim sekota LA Clippers ini hanya menuai delapan kemenangan dan 30 kekalahan sepanjang musim ini. Performa itu menjadikan armada Byron Scott terpuruk di peringkat dasar klasemen Wilayah Barat.

"Kami bermain sesuai irama, tapi kami kurang jeli memanfaatkan setiap kesempatan untuk menembak. Zona pertahanan kami juga bagus, terutama di high post," kata Scott, di LA Times. Namun, di antara nada kecewa, ada satu hal yang membuat Scott gembira, yakni mesin angka tak selalu didominasi Kobe Bryant.

Pada pertandingan tadi pagi, Bryant hanya mengemas 19 angka. Bintang utama Lakers yang mampu menyedot perhatian fans tak lain guard, Louis Williams. Alumni SMA South Gwinnett, Snellville, negara bagian Georgia ini tampil eksplosif dengan mengemas 44 angka.

Perolehan poin tersebut sekaligus menjadi catatan tertinggi sepanjang karier Williams di kompetisi NBA. Tak hanya itu, pemain yang akrab dipanggil Lou ini juga tercatat sebagai bintang Lakers yang sukses mengemas minimal 40 angka dalam satu pertandingan.

Bahkan, jumlah 44 poin mendekati catatan spesial legenda Lakers, Shaquille O'Neal saat mengoleksi 48 poin. O'Neal mencetak angka tersebut saat bersua Boston Celtis pada 21 Maret 2003.

Tak heran, Louis Williams langsung mendapat pujian dari berbagai pihak. Ia sukses mengemas 17 angka di kuarter keempat, disusul koleksi lima tembakan tiga angka, dan beberapa aksi yang membuat pemain Oklahoma City Thunder harus membuat pelanggaran atau kesalahan.

Legenda hidup Lakers, Kobe Bryant menjadi orang pertama yang mengirim kalimat bernada decak kagum. "Dia sangat luar biasa, dan menjadi pengecualian. Hari ini penampilannya sangat sempurna. Meski kalah, saya tetap senang karena performa Williams membuatku tenang. Dia layak menjadi andalan memetik angka," ujarnya, di ESPN.

Tak hanya itu, Kobe menyebut sosok pemilik nomor punggung 23 tersebut sebagai pemain yang pintar membuka celah, dan memanfaatkan kontak fisik dengan pemain lawan. Alhasil. pemain yang menjaga Williams harus mengalami situasi foul trouble alias mudah melakukan pelanggaran.

"Dia sangat eksplosif, dan pintar membaca kesempatan untuk menembak. Saya harap dia bisa bertahan lama di Lakers," kata Kobe. Ucapan pemain yang berencana pensiun di akhir musim ini cukup beralasan.

Sampai gim ke-38, Williams memiliki statistik rata-rata 15 poin per gim, 2,6 rebounds per gim dan 2,5 assist per gim. Perolehan tersebut terbilang bagus, karena posisi Williams hanya guard, bukan seorang eksekutor seperti halnya Kobe Bryant, Nance Jr, Jordan Clarkson ataupun Metta World Peace.

Pujian juga telontar dari Pelatih Lakers, Byron Scott. Ia menyebut permainan Williams penuh dengan nuansa seni. "Dia mengerti seni di lapangan, dan itu membuatnya mudah beradaptasi dengan para pemain lama," tegas sang arsitek.

Louis Williams datang pada awal musim ini dari Toronto Raptors. Musim lalu, ia menuai gelar NBA Sixth Man of the Year atau Pemain Cadangan Terbaik. Sosoknya sempat menarik perhatian publik, karena memutuskan untuk terjun langsung ke kompetisi NBA usai lulus dari SMA.

Padahal, dia sudah mendapatkan tawaran gratis untuk bersekolah di University of Georgia. Pada 2005, dia dipilih Philadelphia 76ers pada ronde kedua pilihan ke-45.

Video Populer

Foto Populer