Sukses


    Jumlah Cabang Olahraga Asian Games 2018 Diharapkan Tak Berubah

    Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora, Imam Nahrawi, berharap jumlah cabang olahraga untuk Asian Games 2018 tidak berubah alias tetap 39. Menurut Imam, jumlah tersebut sudah ideal karena sesuai dengan prinsip efisiensi biaya yang diinginkan pemerintah.

    Wacana rencana penambahan jumlah cabang olahraga untuk Asian Games 2018 terjadi di Rapat Koordinasi ke-7 Panitia Asian Games. Dewan Olimpiade Asia (OCA) berharap adanya penambahan dua cabang olahraga di Asian Games.

    "Saya tetap menungaskan INASGOC bersama Satlak Prima untuk mempertahankan cabang-cabang olahraga dan nomor-nomor potensial untuk Indonesia. Itu merupakan skenario awal bersama OCA," kata Imam Nahrawi setelah menghadiri acara hitung mundur Asian Games 2018 di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

    "Kami tetap menghormati beberapa ketentuan soal cabang olahraga maupun nomor pertandingan yang menyesuaikan dengan amanat Dewan Olimpiade Internasional. Akan tetapi, kami juga ingin menerapkan amanat dari Wakil Presiden soal efisiensi biaya," ujar Imam Nahrawi.

    Jumlah 39 cabang olahraga yang diusulkan ke OCA sebenarnya sudah lebih banyak ketimbang pada penyelenggaraan Asian Games 2014. Saat itu, jumlah cabang olahraga yang dilombakan pada Asian Games edisi ke-17 hanya 36.

    Sampai saat ini, jumlah cabang olahraga terbanyak dalam sejarah masih dipegang Asian Games 2010. Pada pesta olahraga antarnegara Asia yang berlangsung di Guangzhou itu melombakan 42 cabang olahraga.

    Video Populer

    Foto Populer