3 Cara Mengusir Kebosanan saat WFH Selama Pandemi COVID-19

oleh Hanif Sri Yulianto diperbarui 23 Nov 2020, 12:40 WIB
Ilustrasi Work From Home. Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 masih membuat beberapa perusahaan menerapkan kebijaka Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Langkah ini diambil untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Update per Sabtu (21/11/2020) dari Kemenkes Republik Indonesia, pasien positif COVID-19 berjumlah 493.308 dengan 413.955 dinyatakan sembuh dan 15.774 meninggal dunia.

Advertisement

Angka tersebut menjadi peringatan bagi kita untuk terus memperhatikan kondisi kesehatan diri sendiri dan keluarga. Pemerintah pun telah menggalakkan gerakan 3M yakni, Mencuci tangan, Memakai masker, serta Menjaga jarak dan Menghidari kerumunan.

Namun, bekerja dari rumah harus diimbangi dengan penguatan mental agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh. Yap, tak bisa dimungkiri, beberapa orang mulai jenuh karena harus terus menerus bekerja dari rumah.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan para pekerja untuk mengusir rasa bosan, jenuh, dan kesepian ketika melakukan WFH selama pandemi COVID-19?

Berikut tiga cara mengusir kebosanan saat menjalani WFH di tengah pandemi COVID-19, dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/11/2020).

2 dari 2 halaman

3 Cara Usir Kebosanan Jalani WFH selama Pandemi COVID-19

Ilustrasi mendengarkan musik dengan headphone. (Photo by Malte Wingen on Unsplash)

1. Mendengarkan Musik Favorit

Mengusir bosan saat WFH bisa dilakukan dengan memutar lagu favorit. Jika di kantor perlu menggunakan headset agar tak mengganggu teman sebelah, ketika di rumah atau kos, anda tak butuh itu.

Sembari mendengarkan lagu pun, Anda bisa bernyanyi sesuka hati. Tetapi, ingat, jangan terlalu berlebihan apalagi sampai menganggu tetangga.

2. Menonton Film

Bekerja dari rumah dapat memunculkan rasa bosan dengan cepat. Anda bisa menonton flim di Youtube atau layanan film streaming.

Anda bisa menonton flim dengan durasi pendek saat jam kerja dan durasi panjang saat kerjaan sudah selesai. Ingat, jangan sebaliknya.

3. Bermain Gim

Bermain gim bisa menjadi kegiatan yang pas ketika Anda mulai bosan menjalani WFH. Anda bisa menyelesaikan gim-gim dengan durasi permainan pendek.

Namun, anda perlu mengontrol durasi bermain gim saat jam kerja. Sering kali, para gamers terlena dan meninggalkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

 

Sumber: Berbagai sumber