Update 16 Tim yang Sudah Pasti Lolos ke Fase Grup Liga Champions 2022 / 2023: Jangan Harap Ada MU Ya

oleh Hendry Wibowo diperbarui 09 Mei 2022, 20:30 WIB
Liga Champions - Ilustrasi Piala Liga Champions (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Yuk simak update daftar 16 tim yang resmi lolos ke fase grup Liga Champions musim 2022/2023. Tidak akan ada Manchester United (MU) di Liga Champions musim depan. Sebab, MU tak punya peluang finis di empat besar klasemen Premier League.

United tidak lagi punya peluang keempat besar klasemen Premier League usai kalah dari Brighton pada pekan ke-36. Setan Merah kalah dengan skor 4-0. Dengan 58 poin, MU tak bisa mengejar Arsenal yang kini ada di posisi keempat.

Advertisement

Absennya MU tentu mendapat sorotan lebih. Sebab, Liga Champions kehilangan salah satu legendanya yakni Cristiano Ronaldo. Jika tidak pindah dari MU, maka sang top skor sepanjang masa akan absen dari Liga Champions.

MU memang absen, tapi bukan berarti Liga Champions 2022/2023 tidak menarik. Masih banyak klub top lain yang sudah pasti lolos Liga Champions. Sejauh ini, sudah ada 16 tim yang lolos fase grup Liga Champions.

Seperti Premier League yang mengirim dua wakil ke semifinal Liga Champions musim 2021/2022. Liverpool kemudian lolos ke final. The Reds bakal kembali berlaga di fase grup Liga Champions musim 2022/2023 nanti.

Selain Liverpool, Man City juga akan tampil ke Liga Champions musim depan. Ini akan menjadi kesempatan lain bagi Pep Guardiola untuk mematahkan opini bahwa dia bisa juara tanpa Lionel Messi dalam tim yang dilatihnya.

Premier League akan mengirim dua wakil lain di Liga Champions. Dua wakil itu akan diperebutkan oleh Chelsea, Arsenal, Tottenham, dan West Ham. Manchester United tidak punya peluang lagi lolos ke Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Wakil Spanyol dan Italia

Ilustrasi pertandingan Real Madrid. (AFP)

Seperti Premier League, La Liga juga akan mengirim empat wakil di Liga Champions musim 2022/2022. Real Madrid, finalis musim 2021/2022, sudah pasti akan berlaga di Liga Champions musim depan.

Madrid adalah juara La Liga musim ini dan otomatis berlaga di fase grup Liga Champions musim depan. Selain Madrid, Barcelona juga sudah pasti lolos ke Liga Champions. Barcelona akan mencoba memperbaiki catatan musim 2021/2022 ini yang gagal di fase grup.

Dua wakil Spanyol lain akan diperebutkan empat tim: Sevilla, Atletico Madrid, Real Betis, dan Real Sociedad. Hanya saja, tidak akan ada Villarreal di Liga Champions musim depan setelah tampil impresif musim ini.

Berbeda dengan Premier League dan La Liga, empat wakil Serie A yang akan bermain di Liga Champions sudah ditetapkan. AC Milan dan Inter Milan yang bersaing untuk gelar scudetto sudah pasti lolos.

Napoli yang kini berada di posisi ketiga juga akan tampil di Liga Champions. Tim keempat dari Serie A yang lolos ke Liga Champions adalah Juventus. Dengan dua laga tersisa, Juventus unggul tujuh poin dari Lazio yang ada di bawahnya dan tak mungkin terkejar.

3 dari 3 halaman

16 Tim Lolos ke Liga Champions 2022/2023

Logo Liga Champions. (Bola.com)
  1. Manchester City (Inggris)
  2. Liverpool (Inggris)
  3. Real Madrid (Spanyol)
  4. Barcelona (Spanyol)
  5. AC Milan (Italia)
  6. Inter Milan (Italia)
  7. Napoli (Italia)
  8. Juventus (Italia)
  9. Bayern Munchen (Jerman)
  10. Borussia Dortmund (Jerman)
  11. Bayer Leverkusen (Jerman)
  12. PSG (Prancis)
  13. Porto (Portugal)
  14. Sporting CP (Portugal)
  15. FC Salzburg (Austria)
  16. Shakhtar Donetsk (Ukraina)

*Data diambil sampai Senin (9/5/2022)

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 09/05/2022)

Berita Terkait