10 Pemain MU yang Banderolnya Paling Terjun Bebas, Wah Cristiano Ronaldo Masuk Daftar Nih

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 21 Jun 2022, 08:15 WIB
Manchester United - Marcus Rashford dan Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) menjalani momen yang suram pada musim 2022/2023. Bukan hanya performa tim sangat jeblok, tapi Setan Merah juga tanpa gelar. 

Di lapangan hijau, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan terseok-seok dalam perjalanan mereka. MU tergolong beruntung bisa mengakhiri Premier League 2021/2022 ini di peringkat keenam.

Advertisement

Buruknya performa United di lapangan hijau ini berpengaruh terhadap valuasi mereka di sektor bisnis. Nilai pasar skuad Manchester United jeblok. Bahkan, penurunan nilai pasar skuad United merupakan yang kedua tertinggi di Premier League, di bawah Chelsea.

Awal musim lalu, nilai pasar skuad United ditaksir sebesar 774,25 juta euro. Namun, pada penilaian mutakhir laman Transfermarkt, nilai pasar Setan Merah turun sebesar 48,2 juta euro.

Penurunan ini merupakan buah dari penurunan nilai pasar sejumlah penggawa Setan Merah sepanjang musim lalu. Di antara sejumlah pemain MU yang banderolnya anjlok, ada beberapa pemain dengan penurunan banderol tertinggi.

 

2 dari 11 halaman

10. Amad Diallo

Pemain muda milik Manchester United, Amad Diallo akhirnya berlabuh ke klub Skotlandia, Rangers pada bursa transfer musim dingin 2021/22 dengan status pinjaman. Ia langsung tampil cemerlang di laga debutnya dengan mencetak gol dalam waktu lima menit. (AFP/Oli Scarff)

Amad Diallo menempati posisi sepuluh dalam daftar  penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi. Pemain berusia 19 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunaan banderol sebesar 3 juta euro.

Mulanya, banderol Diallo ditaksir sebesar 18 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Pantai Gading ini ditaksir sebesar 15 juta euro.

Dengan banderol 15 juta euro, Diallo berstatus sebagai pemain termahal ke-19 di United. Selain itu, ia berstatus sebagai pemain termahal ke-210 di Premier League.

 

3 dari 11 halaman

9. Scott McTominay

Gelandang Manchester United, Scott McTominay, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leeds United pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (20/12/2020). Setan Merah menang dengan skor 6-2. (Michael Regan/Pool via AP)

Di peringkat kesembilan dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi ada nama Scott McTominay. Pemain berusia 25 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 3 juta euro.

Mulanya, banderol McTominay ditaksir sebesar 35 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Skotlandia ini ditaksir sebesar 32 juta euro.

Dengan banderol 32 juta euro, McTominay berstatus sebagai pemain termahal kedelapan di Manchester United. Selain itu, ia berstatus sebagai pemain termahal ke-73 di Premier League.

 

4 dari 11 halaman

8. Luke Shaw

Luke Shaw merupakan pemain bek kiri yang musim ini tampil kurang baik. Pasalnya, Ia hanya mampu memenangkan 36% duel dengan lawan. Akurasi umpannya juga cukup buruk yaitu 31% sedangkan ia baru membuat satu assist dan hanya membuat tiga peluang berbahaya dari tujuh pertandingannya. (AFP/Oli Scarff)

Urutan kedelapan dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi ditempati Luke Shaw. Pemain berusia 26 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 4 juta euro.

Mulanya, banderol Shaw ditaksir sebesar 42 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Inggris ini ditaksir sebesar 38 juta euro.

Dengan banderol 38 juta euro, Shaw berstatus sebagai pemain termahal keenam di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus pemain termahal ke-60 di Premier League.

 

5 dari 11 halaman

7. Aaron Wan-Bissaka

Aaron Wan-Bissaka (Manchester United) – Banyak orang heran mengapa pemain ini tak masuk dalam skuat Inggris, padahal kemampuannya menjaga lini belakang tak perlu diragunakan lagi ketika ia membela Setan Merah musim ini. Tercatat ia tampil 34 kali, dua gol, dan empat assist. (Foto: AFP/ Oli Scarff)

Aaron Wan-Bissaka menempati posisi tujuh dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi. Pemain berusia 24 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 5 juta euro.

Mulanya, banderol Wan-Bissaka ditaksir sebesar 30 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Inggris ini ditaksir sebesar 25 juta euro.

Dengan banderol 25 juta euro tersebut, Wan-Bissaka berstatus sebagai permain termahal kesepuluh di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus pemain termahal ke-99 di Premier League.

 

6 dari 11 halaman

6. Cristiano Ronaldo

Manchester United - Ilustrasi Gol Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Di peringkat keenam dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi ada nama Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 37 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 5 juta euro.

Mulanya, banderol Ronaldo ditaksir sebesar 35 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Portugal ini ditaksir sebesar 30 juta euro.

Dengan banderol 30 juta euro tersebut, Ronaldo berstatus sebagai pemain termahal kesembilan di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus pemain termahal ke-84 di Premier League.

 

7 dari 11 halaman

5. Jadon Sancho

Jadon Sancho. Sayap kiri Inggris berusia 22 tahun ini menjadi pemain termahal yang pernah dilepas Borussia Dortmund ke klub Liga Inggris. Usai didatangkan dari tim U-18 Manchester City pada awal musim 2017/2018 dengan biaya 20,59 juta euro dan memperkuat Dortmund selama 4 musim dengan torehan 50 gol dan 64 assist dari 137 laga di semua kompetisi, ia dijual ke Manchester United pada awal musim 2021/2022 dengan nilai transfer 85 juta euro. (AFP/Glyn Kirk)

 

Urutan kelima dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi ditempati Jadon Sancho. Pemain berusia 22 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 5 juta euro.

Mulanya, banderol Sancho ditaksir sebesar 80 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Inggris ini ditaksir sebesar 75 juta euro.

Dengan banderol 75 juta euro tersebut, Sancho berstatus sebagai pemain termahal kedua di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus pemain termahal kesepuluh di Premier League.

 

8 dari 11 halaman

4. Bruno Fernandes

Manchester United - Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bruno Fernandes menempati posisi empat dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi. Pemain berusia 27 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 5 juta euro.

Mulanya, banderol Bruno ditaksir sebesar 90 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Portugal ini ditaksir sebesar 85 juta euro.

Dengan banderol 85 juta euro tersebut, Bruno berstatus sebagai pemain termahal di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus pemain termahal keempat di Premier League.8 dari 10 halamanPaul Pogba

 

9 dari 11 halaman

3. Paul Pogba

Pemain top pertama yang pernah menjadi kliennya adalah Paul Pogba. Ia pernah meyakinkan Pogba untuk hengkang dari Manchester United dari Juventus pada 2012 silam. Gara-gara transfer tersebut, Sir Alex Ferguson murka dan melarang MU untuk berurusan dengannya. Selain itu, Raiola juga menjadi sosok kepulangan sang gelandang ke Old Trafford pada tahun 2016 dengan harus merogoh kocek sebesar 100 juta Euro. (AFP/Oli Scarff)

Di peringkat ketiga dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi ada nama Paul Pogba. Pemain berusia 29 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 7 juta euro.

Mulanya, banderol Pogba ditaksir sebesar 55 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Prancis ini ditaksir sebesar 48 juta euro.

Dengan banderol 48 juta euro, Pogba berstatus sebagai pemain termahal keempat di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus sebagai pemain termahal ke-34 di Premier League.

 

10 dari 11 halaman

2. Marcus Rashford

Manchester United - Ilustrasi Marcus Rashford Cabut dari MU (Bola.com/Adreanus Titus)

Urutan kedua dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi ditempati Marcus Rashford. Pemain berusia 24 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 10 juta euro.

Mulanya, banderol Rashford ditaksir sebesar 70 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Inggris ini ditaksir sebesar 60 juta euro.

Dengan banderol 60 juta euro, Rashford berstatus sebagai pemain termahal ketiga di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus sebagai pemain termahal ke-23 di Premier League.

 

11 dari 11 halaman

1. Raphael Varane

Raphael Varane merupakan pemain yang baru didatangkan MU pada musim ini. Penampilannya cukup stabil di saat rekan duetnya Harry Maguire tampil buruk di jantung pertahanan. Ia mampu tampil cukup stabil meski sempat diganggu cedera pada awal musim. (AFP/Lindsey Parnaby)

Raphael Varane menempati posisi puncak dalam daftar sepuluh penggawa Manchester United dengan penurunan banderol tertinggi. Pemain berusia 29 tahun tersebut ditaksir mengalami penurunan banderol sebesar 12 juta euro.

Mulanya, banderol Varane ditaksir sebesar 60 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, banderol pemain asal Prancis tersebut ditaksir sebesar 48 juta euro.

Dengan banderol 48 juta euro, Varane berstatus sebagai pemain termahal keempat di Manchester United. Selain itu, ia juga berstatus sebagai pemain termahal ke-34 di Premier League.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Penulis Dendy Gandakusumah, published 20/6/2022)

 

Berita Terkait