Sukses


MOTION GRAFIS: Makna Kata Borussia Dibalik Nama Besar Klub Borussia Dortmund dan Borussia Monchengladbach

Bola.com, Jakarta Membahas sejarah klub, Borussia Dortmund dan Borussia Monchengladbach memiliki sejarah yang panjang di dunia sepak bola.

Kata Borussia sendiri bersala dari Bahasa Latin yang memiliki arti negara Eropa yang sebagian besar terdiri atas Jerman, Polandia, Lithuania, dan Rusia. Dengan ibu kota Berlin, Prusia menjadi kekuatan utama Eropa di abad ke-18 hingga ke-19.

Seiringnya perjalanan waktu, Jerman tumbuh menjadi industry dan persatuan yang saling erat. Jerman Barat dan jerman timur menjadi satu dengan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Kata Borussia juga kerap menjadi arti dari Patriotisme sebagai mana yang digunakan oleh beberapa klub di Jerman pada jaman dahulu.

Borussia Monchengladbach terdiri dari rasa patriotisme yang kuat. Dibentuk dari sekelompok pria muda yang berkumpul di distrik Eicken Monchengladbach, pada tahun 1900 mereka sepakat untuk membentuk klub baru. Patriotisme menjadi motivasi yang kuat. Hal tersebut karena dulunya Monchengladbach merupakan bagian dari kerajaan lama di Prusia.

Sedangkan Borussia Dortmund, tidak memiliki kaitan dari patriotisme. Pada tahun 1909, Borussia Dortmund terbentuk saat para pemuda yang tidak senang bermain sepak bola di bawah pengawan ketat para pendeta setempat. Kata Borussia sendiri diambil dari tanda Borussia-Brauerei di dinding pabri bir di Borussia.

Bagaimana pun, kata Borussia menjadi makna sejarah bagi Borussia Monchengladbach dan Borussia Dortmund. Dengan arti yang berbeda, mereka tetap memiliki penggemar fanatik yang sangat kuat.

Video Populer

Foto Populer