Sukses


Dukung Shopee Liga 1 2020 Terpusat di Yogyakarta, Pemprov DIY Menekankan Pelaksanaan Protokol Kesehatan

Bola.com, Yogyakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DIY terkait sentralisasi Shopee Liga 1 2020 di Yogyakarta. Pemprov DIY hanya berpesan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kepastian itu didapat dalam pertemuan yang dilakukan PT LIB dengan Pemprov DIY di Kantor Gubernur DIY, Rabu (29/7/2020). Dalam pertemuan tersebut, PT LIB diwakili Direktur Utama, Akhmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional, Sudjarno.

Adapun Pemprov DIY diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Kadarmanta Baskara Aji dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Yogyakarta, Tri Widiatmoko. Pertemuan tersebut secara umum membahas rencana PT LIB menggelar sejumlah pertandingan di dua stadion yang ada di Yogyakarta.

"Kami telah menginformasikan kepada Pemprov DIY tentang kompetisi Liga 1 secara global. Bagaimana pun banyak aspek yang harus diketahui oleh pemerintah setempat. Semua demi sepak bola nasional secara keseluruhan," kata Akhmad Hadian Lukita.

Sudjarno menambahkan, dalam pelaksanaannya nanti PT LIB akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu, semua laga yang digelar di Yogyakarta dilakukan tanpa kehadiran penonton di stadion alias tertutup.

"Selain tanpa penonton, kami menginformasikan ke Bapak Sekda protokoler kesehatan akan dijalankan dengan ketat dan disiplin. Misalnya tiap 14 hari semua pemain dan pelatih harus menjalani tes Swab," ujar Sudjarno.

Sementara itu, Pemprov DIY pada dasarnya tidak keberatan daerahnya menjadi homebase sejumlah klub Shopee Liga 1 2020. Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, hanya menekankan kewajiban terkait protokol kesehatan.

"Kami tidak berkeberatan untuk dilaksanakan pertandingan Shopee Liga 1 2020 di dua stadion di Yogyakarta. Bapak Gubernur juga menyampaikan pesan bahwa pada prinsipnya juga tidak ada persoalan tentang hal tersebut sepanjang mematuhi pelaksanaan protokoler kesehatan," tegas Kadarmanta Baskara Aji.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Koordinasi Harus Jelas

Kadarmanta Baskara Aji juga meminta kepada PT LIB untuk bekerja sama dengan pihak lainnya dalam menyukseskan Shopee Liga 1 2020 di masa pandemi Covid-19. Hal ini meliput pihak keamanan dan Dinas Kesehatan.

Bentuk kerja sama yang bisa dilakukan dengan pihak keamanan adalah benar-benar bisa mencegah suporter datang ke stadion. Adapun dengan Dinas Kesehatan berupa penerapan protokol kesehatan.

"Perlu dipikir bersama bagaimana membuat suasana di luar stadion tidak ada kerumumanan. Tidak perlu ada promosi untuk mengajak penonton datang ke stadion," ujar Kadarmanta Baskara Aji.

"Pada pelaksanaan lain juga harus bekerja sama dengan pihak kesehatan. Siapa yang akan bertanggung jawab tes kesehatan dan rumah sakit rujukan harus jelas. Karena itu, mari kita jaga bersama-sama hajatan ini," ungkap Kadarmanta Baskara Aji.

Video Populer

Foto Populer