Sukses


Bulgaria Hingga Arab Saudi Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-19 Selama TC di Kroasia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dipastikan bakal mendapatkan lawan-lawan berkualitas ketika melakukan uji coba dalam pemusatan latihan di Kroasia. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pasukan asuhan Shin Tae-yong bakal menghadapi laga yang tepat untuk uji kemampuan.

Timnas Indonesia U-19 bakal menggelar TC di Kroasia pada pengujung Agustus 2020. Training Center (TC) ini dilakukan sebagai persiapan untuk tampil di Piala AFC U-19 2020.

"Kami sudah mendapatkan info dari Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS), Timnas U-19 akan melawan Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi. Tentu ini lawan-lawan yang bagus dan kuat bagi Timnas U-19," kata Mochamad Iriawan seperti dikutip situs resmi PSSI, Senin (24/8/2020).

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi tim-tim di atas dalam turnamen bertajuk U-19 Friendly Tournament yang berlangsung pada 2-8 September 2020. Mochamad Iriawan berharap Timnas Indonesia U-19 bisa memaksimalkan laga uji coba tersebut sebagai bagian dari persiapan Piala AFC U-19.

"Kami harap pertandingan itu dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19 dan tentunya di Piala Dunia U-20 nantinya," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Pelatih Shin Tae-yong rencananya akan membawa 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia nanti. Artinya, akan ada pengurangan jumlah pemain dari yang ada saat ini, yakni 36 pemain pada pemustan latihan di Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Alasan Pemilihan Kroasia

Selain karena akan mengikuti turnamen, PSSI punya alasan lain memilih Kroasia sebagai tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Padahal, sebelumnya negara tersebut tak masuk daftar rencana dari Shin Tae-yong.

Pelatih berusia 51 tahun itu menginginkan agar pemusatan latihan dilakukan di Korea Selatan. Namun, rencana itu urung dilakukan karena terbentur aturan karantina selama 14 hari.

Mochamad Iriawan menyebut alasan itu menjadi pertimbangan PSSI memilih Kroasia yang tak mewajibkan aturan karantina. Selain itu, cuaca di Kroasia juga mirip dengan Uzbekistan, sebagai negara tuan rumah Piala AFC U-19 2020.

"Begitu Timnas Indonesia U-19 mendarat di Kroasia, kami sudah mendapatkan info bahwa mereka tidak perlu dikarantina. Tentu hal ini sangat menguntungkan Timnas Indonesia U-19," ucap Iriawan.

"Suhu di Kroasia juga tidak terlalu berbeda dengan Uzbekistan, lokasi penyelenggaraan Piala AFC U-19 2020. Sebab rencananya Timnas Indonesia U-19 akan berangkat ke Uzbekistan pada 4 Oktober 2020," ujar Iriawan.

Video Populer

Foto Populer