Sukses


Witan Sulaeman Mulai Merasakan Manfaat dari TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Bola.com, Zagreb - Gelandang Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman, mengaku mendapatkan banyak manfaat dan ilmu selama mengikuti pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Menurut Witan, hal ini bisa berguna dalam meniti karier di masa depan.

Timnas Indonesia U-19 mengelar pemusatan latihan selama sebulan di Kroasia. Selama di Kroasia, pasukan Shin Tae-yong mendapatkan tempaan mental dan kemampuan dalam uji bertanding.

Lawan yang dipilih pun beragam, mulai dari Asia hingga Eropa. Witan menyebut, seluruh pertandingan yang dimainkan bermanfaat untuk menguji kemampuan jelang bertempur di Piala Dunia U-20 2021.

"Kami di sini banyak menit bermain dan pengalaman bertandingan. Itu sangat berharga buat karier saya kedepan. Bagaimana untuk melawan tim-tim asal Eropa di Piala Dunia U-20 2021 nanti. Jadi, pengalaman ini sangat berharga," kata Witan Sulaeman seperti dikutip PSSI TV, Rabu (30/9/2020).

Dalam tujuh laga yang ada, Witan mendapatkan kesempatan memainkan enam pertandingan sebagai starter. Witan mengaku tak punya kendala bermain di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong yang mengusung skema 4-4-2.

Seperti diketahui, Witan sebelumnya lebih akrab bermain di pola 4-3-3 bersama pelatih Indra Sjafri. Meski demikian, Witan mengaku sebagai pemain dirinya sudah harus mampu menyesuaikan diri dengan skema yang diusung setiap pelatih.

"Kalau formasi setiap pelatih punya gaya berbeda-beda. Namun, sebagai pemain kami harus profesional dan menyesuaikan diri ke setiap pelatih," tegas Witan.

Timnas Indonesia U-19 secara keseluruhan berhasil meraih dua kemenangan, dua kali imbang, tiga kali kalah pada laga uji coba di Kroasia. Witan sukses menyumbang satu gol untuk Timnas U-19.

2 dari 3 halaman

Berlanjut ke Turki

Witan Sulaeman dan Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan di Turki. Nantinya, pemusatan latihan tersebut bakal berlangsung sepanjang Oktober 2020 dan akan melakukan laga uji coba.

PSSI saat ini sedang mencari lawan yang tepat untuk uji tanding dengan Timnas Indonesia U-19. Langkah itu dilakukan untuk persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021 yang bakal digelar Mei-Juni tahun depan.

PSSI berkomunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Uni Emirat Arab (UAEFA), Federasi Sepak Bola Iran (F.F.I.R.I), dan Asosiasi Sepak Bola Mesir (EFA) agar bersedia mengikuti turnamen di Turki bersama Timnas Indonesia U-19.

"Rencana Timnas Indonesia U-19 ke Turki masih dalam proses. Kalau jadi, pada 2 Oktober 2020, Timnas Indonesia U-19 sudah berangkat ke Turki," ucap Yunus Nusi ketika dihubungi Bola.com.

"Kami sedang berkoordinasi dengan TFF dan beberapa negara yang akan kami dan Turki ajak untuk terlibat dalam mini turnamen. Semuanya sedang proses. Mudah-mudahan secepatnya kami mendapatkan jawaban dari beberapa federasi yang kami hubungi seperti UEA, Iran, dan Mesir. Sedang proses negosiasi dan komunikasi," jelas Yunus Nusi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer