Sukses


Tekuk Bali United, Timnas Indonesia Dinilai Mulai Terbiasa dengan Formasi 4-4-2 yang Diinginkan Shin Tae-yong

Bola.com, Makassar - Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 berhasil mengalahkan juara bertahan Liga 1, Bali United dengan skor 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (7/3/2021).

Tiga gol kemenangan Timnas Indonesia atas Bali United masing-masing dicetak oleh Kushedya Hari Yudo, Koko Ari Araya, dan Osvaldo Haay. Sementara gol tunggal Bali United lahir berkat aksi Lerby Eliandry.

Ini kemenangan kedua secara beruntun skuad Shin Tae-yong setelah pada uji coba pertama, Jumat (5/3/2021) menekuk Tira Persikabo 2-0 di stadion yang sama. Berbeda dengan laga perdana, penampilan timnas saat menghadapi Bali United dinilai lebih baik.

Hal ini dikatakan Herman Kadiaman, mantan staf pelatih PSM Makassar dan Arema Indonesia kepada Bola.com, Senin (7/3/2021) pagi. Di mata Herman, para pemain timnas terlihat sudah mulai terbiasa dengan pola 4-4-2 yang diterapkan Shin Tae-yong. Terutama dari proses gol yang tercipta.

"Dua dari tiga gol timnas sudah sesuai dengan marwah pola 4-4-2 yakni memaksimalkan umpan dari sisi sayap. Permainan timnas juga lebih efektif," ujar Herman.

Tak hanya dari sisi sayap, Herman juga menilai koordinasi lini tengah juga membaik. Peran Evan Dimas sebagai motor lini ini cukup signifikan. Namun, Herman merasa perlu menggarisbawahi materi pemain timnas yang tampil, khususnya di babak pertama.

Di mana ada tujuh pemain senior yang tampil bersamaan dalam satu lapangan yakni Evan Dimas, Adam Alis, Hanif Sjahbandi, Osvaldo Hay, Andik Rendika, Kushedya Hari Yudo dan Andi Setyo.

"Jadi kalau pemakaian nama timnas U-23 pada laga ini tak pas. Apalagi kalau dikaitkan dengan persiapan SEA Games 2021 yang menerapkan aturan kouta buat pemain senior," tegas Herman.

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Sulit Lepas dari Tekanan

Meski dinilai membaik, Herman juga memiliki catatan tersendiri terkait kelemahan Timnas Indonesia. Menurutnya timnas masih terlihat kesulitan melepaskan diri dari tekanan pemain Bali United. Terutama lini belakang.

Dia merujuk gol Lerby ke gawang timnas pada babak kedua. "Bali United mendapat banyak peluang pada situasi ini," terang Herman.

Di lain pihak, Herman memahami keputusan yang diambil Shin Tae-yong pada laga uji coba tadi malam. Apalagi, Shin Tae-yong tak hanya dituntut menyiapkan tim untuk merealisasikan target medali emas di SEA Games 2021 tapi juga wajib menjaga gengsi Indonesia di laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 yang jadwal pertandingannya berdekatan.

Usai melakoni dua laga uji coba, para pemain timnas kembali ke klub masing-masing untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Menpora 2021. Terkait hal ini, Herman berharap Adam Alis dan kawan-kawan tetap menjaga kondisi. Karena tidak semua klub yang menerapkan aturan dan disiplin ketat seperti di timnas ala Shin Tae-yong.

"Pengalaman selama ini, pelatih timnas terutama dari luar negeri kerap mengeluhkan kondisi pemainnya setelah kembali ke klubnya. Jadi, semuanya kembali berpulang dari pemain itu sendiri," kata Herman yang pernah berkolaborasi dengan pelatih asing yang menerapkan disiplin tinggi seperti Robert Alberts dan mendiang Miroslav Janu.

Video Populer

Foto Populer