Sukses


Piala Menpora: Pergantian Pemain, Resep Jitu Persebaya Tundukkan Madura United

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya kembali mendulang poin penuh dalam Grup C Piala Menpora 2021. Kali ini, mereka menang 2-1 dalam Derbi Suramadu melawan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu malam (28/3/2021).

Persebaya Surabaya unggul dulu berkat sundulan Ady Setiawan pada menit ke-11. Gelandang Madura United, Slamet Nurcahyo kemudian membalasnya lewat tembakan jarak jauh di menit ke-47. Persebaya mengunci kemenangan berkat gol yang dicetak Rendi Irwan (72’).

Ini menjadi kemenangan kedua buat tim Bajul Ijo di Grup C Piala Menpora 2021. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengirim apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemainnya dengan atas kemenangan ini.

“Alhamdulillah, melalui perjuangan keras dan kemauan tinggi, semua pemain mengerahkan kemampuan 100 persen dan kami dapat tiga poin. Mudah-mudahan pertandingan ini jadi modal bagus untuk pertandingan berikutnya,” ucap Aji dalam jumpa pers selepas laga.

Pertandingan ini seharusnya bisa membuat Persebaya takluk. Beberapa keputusan wasit terlihat menguntungkan untuk Persebaya dan merugikan Madura United. Satu di antaranya adalah striker Beto Goncalves mencetak gol apik di menit kelima.

Setelah gol itu tercipta, wasit Musthofa Umarella melihat asisten wasit mengangkat bendera sehingga gol itu dianulir sebagai offside. Dalam tayangan ulang, terlihat jelas Beto dalam posisi onside sebelum gol itu lahir.

Terlepas dari itu, keberhasilan kembali memetik kemenangan di laga ini tidak lepas dari pergantian pemain yang dilakukan oleh Aji Santoso. Dia memasukkan Rendi Irwan, Ricky Kambuaya, dan Rifaldi Bawuo, yang mampu membuat permainan lebih agresif.

“Salah satu kunci kemenangan kami adalah pergantian taktik, pergantian pemain. Rendi dan Kambuaya membuat lini tengah lebih hidup. Terbukti banyak peluang yang kami ciptakan. Rifaldi juga kami masukkan. Dia mendapat tiga peluang yang arah tembakan on target,” ucap Aji.

“Tapi, bagi saya apresiasi kepada semua pemain Persebaya Surabaya, mereka benar-benar menunjukkan dedikasi tinggi. Babak pertama kami tertekan, banyak pemain muda karena saya ingin memberi jam terbang. Dengan pergantian pemain, terbukti kami bisa cetak gol kambuaya juga menghidupkan lini tengah,” imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Berkat Mental dan Motivasi Kuat

Kapten Persebaya, Rachmat Irianto, memiliki pendapat yang senada dengan pelatihnya melihat pertandingan yang tak mudah ini. Kemenangan itu menjadi yang ketujuh buat Persebaya dalam 12 pertemuan kontra Madura United alias Derbi Suramadu.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman yang sudah bekerja keras. Teman-teman sudah all out, tidak ada yang malas. Mental kami sangat baik. Seperti yang sudah saya sampaikan, ini tentang mental dan motivasi teman-teman,” ujar pemain yang akrab disapa Rian itu.

Hasil ini membuat Persebaya menduduki posisi puncak klasemen sementara Grup C dengan enam poin. Mereka kini menjadi satu-satunya tim di Piala Menpora 2021 yang mampu memenangi dua pertandingan beruntun. 

 

Video Populer

Foto Populer