Sukses


PSS ke Semifinal Piala Menpora Setelah Depak Bali United: Kartu Merah, Eksperimen Gagal, dan Sempurna di Tos-tosan

Bola.com, Bandung - PSS Sleman berhasil menyegel satu tiket ke babak semifinal Piala Menpora 2021. Tim berjulukan Super Elja itu menyingkirkan Bali United melalui adu tendangan penalti.

Kedua tim masih bermain imbang kacamata selama 90 menit di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (12/4/2021) malam WIB. Pertandingan terpaksa dituntaskan via babak tos-tosan.

PSS Sleman gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menang di waktu normal. Padahal, Bali United bermain dengan 10 orang setelah Made Andhika Wijaya dikartu merah pada menit ke-69.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, bereksperimen dengan komposisi pemainnya di adu penalti. Arsitek asal Brasil itu mengganti kiper utamanya, Wawan Hendrawan, dengan penjaga gawang pelapis, Samuel Reimas di pengujung pertandingan.

Keputusan Teco memainkan Reimas tidak berjalan mulus. Kiper berusia 28 tahun itu gagal membuat satu pun penyelamatan di babak tos-tosan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Penjelasan Teco

Teco menjelaskan mengapa memilih Reimas ketimbang Wawan untuk adu penalti. Menurutnya, mantan penjaga gawang Perseru Serui itu jago dalam memblok sepakan 11 pas di sesi latihan.

"Saat kami berlatih di Bali, Reimas bagus dalam adu tendangan penalti dalam beberapa kesempatan latihan. Kami sudah tahu kualitasnya," kata Teco pada konferensi pers setelah pertandingan.

"Kami memang sudah berencana memainkan Reimas pada menit-menit akhir agar dia bermain di babak adau penalti. Namun, PSS Sleman lebih baik dalam fase ini," jelas arsitek asal Brasil itu.

3 dari 4 halaman

PSS Sempurna

Mental PSS lebih baik dari Bali United di adu penalti. Semua eksekutor Super Elja menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Baik Irfan Jaya, Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta mampu menjebol gawang Reimas.

Dua penendang awal lewat Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry Bali United sebenarnya masih mampu mengimbangi PSS. Namun, petaka datang ketika sepakan Dias Angga dan Willian Pacheco gagal masuk ke gawang lawan.

PSS mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 4-2 atas Bali United. Super Elja akan menghadapi Persib Bandung dalam semifinal Piala Menpora pada 16 dan 19 April 2021.

4 dari 4 halaman

Jadwal PSS Vs Persib di Semifinal Piala Menpora

Leg Pertama

16 April 2021

  • PSS Sleman Vs Persib Bandung
  • Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Live Indosiar dan Vido

Leg Kedua

19 April 2021

  • Persib Bandung Vs PSS Sleman
  • Stadion Manahan, Solo
  • Live Indosiar dan Vidio

Video Populer

Foto Populer