Sukses


Shin Tae-yong Klarifikasi Kabar Jadi Komentator Olimpiade Tokyo

Bola.com, Seoul - Shin Tae-yong meluruskan kabar menjadi komentator untuk Timnas Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020. Pelatih Timnas Indonesia itu mengaku bertugas sebagai analis melalui tulisan.

Sebelumnya, Shin Tae-yong disebut-sebut menerima job sebagai komentator untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola khusus Timnas Korea Selatan di Olimpiade Tokyo.

Dalam artikelnya pada 13 Juli 2021, Joins mengumumkan sebelas pakar yang akan menjadi analis di media Korea Selatan itu untuk Olimpiade Tokyo, termasuk Shin Tae-yong.

Kesibukan Shin Tae-yong ini juga dikaitkan dengan terus mundurnya jadwal kepulangannya ke Indonesia.

Shin Tae-yong telah berada di Korea Selatan sejak 24 Juni 2021. PSSI memintanya kembali pada 24 Juli 2021. Namun, arsitek berusia 52 tahun itu baru bisa pergi pada 9 Agustus 2021.

Padahal, pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dimulai pada 1 Agustus 2021.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Shin Tae-yong

Kepada Hankook Ilbo pada Minggu (25/7/2021), Shin Tae-yong mengklarifikasi bahwa keterlibatannya untuk Joins (portal milik satu di antara grup media raksasa Korea, Joong Ang Ilbo), di Olimpiade Tokyo salah dipersepsikan banyak pihak.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi bahkan sampai meminta Shin Tae-yong untuk memprioritaskan Timnas Indonesia, alih-alih menjadi komentator di Olimpiade Tokyo.

"Saya menulis ulasan sebagai penonton, bukan mengomentari permainan. Jadi saya menjelaskannya kepada PSSI dan meminta pengertian mereka," kata Shin Tae-yong dinukil dari Hankook Ilbo.

Kesimpulannya, Shin Tae-yong bertugas sebagai pandit untuk Timnas Korea Selatan di Joins, bukan komentator yang identik tampil di televisi.

Pada 19 Juli 2021, Joins merilis artikel analisis Shin Tae-yong untuk Timnas Korea Selatan sebelum berkancah di Olimpiade Tokyo.

Artikel itu membahas pengalaman Shin Tae-yong melatih Timnas Korea Selatan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan polemik pemanggilan Kim Min-jae karena tidak dilepas oleh klub China, Beijing Guoan.

3 dari 4 halaman

Kembali Setelah Vaksinasi Dosis Kedua

Shin Tae-yong juga menjelaskan penyebab lamanya ia pulang kampung ke Korea Selatan. Arsitek kelahiran 26 Mei 1969 itu masih menunggu vaksinasi dosis kedua pada sebelum kembali ke Indonesia.

"Setelah menerima vaksinasi dosis kedua, saya akan kembali ke Indonesia pada 9 Agustus 2021," imbuh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan memulai pemusatan latihan pada awal bulan depan tanpa Shin Tae-yong. Namun, PSSI memastikan bahwa jebolan Piala Dunia 2018 itu akan tetap memantau kegiatan dari kampung halamannya.

 

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer