Sukses


Prediksi BRI Liga 1, Dewa United Vs Arema FC: Menguji Kekuatan Mental Singo Edan

Bola.com, Solo - Lanjutan pekan ke-12 BRI Liga 1 2022/2023 diwarnai dengan pertandingan sengit antara Dewa United kontra Arema FC di Stadion Manahan, Solo, Rabu (7/12/2022) sore WIB. Duel kedua tim bakal menyita perhatian, salah satunya untuk melihat mental bermain tim Arema.

Tim berjulukan Singo Edan ini sempat menjadi perbincangan dunia karena Tragedi Kanjuruhan. Di mana ada 135 korban jiwa dari usai Arema FC kalah dari rivalnya, Persebaya Surabaya (1/10/2022).

Kini, Arema FC akan bermain lagi dengan kekhawatiran masih ada trauma di benak para pemainnya. Pelatih Arema, Javier Roca juga belum bisa memastikan apakah pemainnya bisa tampil normal dalam laga lawan Dewa United.

“Ini ujian pertama Arema dalam kompetisi. Selama ini kami hanya bisa menilai mental pemain dalam latian dan uji coba. Dalam dua sesi itu tidak ada masalah. Saya sendiri juga ingin tahu bagaimana mental dan psikologi pemain saat kompetisi. Namun mereka sudah lama berkarir di sepakbola. Saya percaya mereka pemain profesional,” tegas pelatih asal Chile itu.

2 dari 7 halaman

Persiapan Lumayan Panjang

Sebelum lawan Dewa United, Arema melakukan persiapan yang lumayan panjang. Di pengujung bulan Oktober lalu tim kebanggaan Aremania sudah berlatih.

Namun tahapan persiapannya lebih banyak. Mulai mendatangkan psikolog untuk tim hingga fase uji coba. Hasilnya, meski secara mental sudah membaik, tapi secara permainan Arema belum menemukan karakternya. Mereka sempat ditahan tim Liga 2, Putra Delta Sidoarjo tanpa gol di Malang.

3 dari 7 halaman

Manfaatkan Momentum

Kini tinggal bagaimana Arema bisa memanfaatkan momentum ini untuk bangkit. Roca sendiri mengaku tidak memberikan motivasi secara khusus kepada pemain. Dia yakin anak buahnya sudah punya semangat tambahan ketika kompetisi benar-benar dilanjutkan.

“Kalau pemain sudah ada di lapangan, pasti punya motivasi sendiri. Jadi tidak ada motivasi khusus dari saya. Dengan mendengar kompetisi digelar kembali, motivasi mereka juga kembali lagi,” jelasnya.

4 dari 7 halaman

Waspadai Dewa United

Lalu bagaimana secara teknis menghadapi Dewa United? Roca sudah mempersiapkan strateginya. Baginya, meski kompetisi sempat terhenti dua bulan, kekuatan calon lawannya tidak berubah. Sehingga dia bisa menilai kekuatan dan kelemahan Dewa United dari rekaman pertandingan sebelumnya.

Saat ini, Dewa United ditangani Nil Maizar. Karakter bermain agresif membuat tim yang dipegangnya selalu sulit untuk dikalahkan.

“Kami fokus keseluruhan tim lawan. Semua pemain diwaspadai. Mereka punya pelatih dengan karakter, itu akan menular kepada pemainnya,” sambungnya.

5 dari 7 halaman

Tak Gentar

Di kubu Dewa United, berstatus sebagai tim promosi mereka tidak keder menghadapi Arema. Namun mereka menaruh waspada dengan kebangkitan Singo Edan.

Selain itu, dari segi materi pemain Arema dianggap masih tim yang mentereng. Itu diakui winger Dewa United, Feby Eka Putra. Tapi Feby dkk tak gentar mengahadapi duel ini, mengingat mereka sudah siap dengan strategi yang disiapkan Nil Maizar.

“Arema dari lini belakang sampai depan pemainnya bagus. Lokalnya juga rata-rata pernah bermain untuk timnas,” jelasnya.

6 dari 7 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

Dewa United: M. Nathsir (kiper); Dias Angga, M. Zaenuri, Risto Mitrevski, Theo Number (belakang); Lucas Ramos, Rangga Muslim, Majed Osman (tengah); Fahmi Al-Ayyubi, Karim Rossi, Feby Eka Putra (depan)

Pelatih: Nil Maizar

Arema FC (4-3-3): Adilson Maringa (kiper); Rizky Dwi, Bagas Adi, Sergio Silva, Ahmad Alfarizi (belakang); Renshi Yamaguchi, Evan Dimas, Adam Alis (tengah); Dendi Santoso, Abel Camara, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Javier Roca

Prediksi Bola.com: 50-50

Rabu, 7 Desember 2022

Venue: Stadion Manahan, Solo

Kick-off 15.15 WIB. 

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu Saat Ini

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BRI Liga 1 (@liga1match)

Video Populer

Foto Populer