Sukses


Dicari! Striker Diaspora untuk Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Siap Terbang ke Belanda atau Negara Mana Pun

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih mencari pemain diaspora untuk dinaturalisasi timnya. Arsitek asal Korea Selatan itu membidik penyerang.

Shin Tae-yong mengakui bahwa lini depan Timnas Indonesia masih lemah. Oleh sebab itu, nakhoda berusia 53 tahun itu membutuhkan bomber naturalisasi.

"Posisi striker itu yang menjadi kesulitan untuk saya," ujar Shin Tae-yong dalam wawancara di YouTube Liputan6 yang tayang pada Selasa (6/2/2024).

Shin Tae-yong sudah membuka pembicaraan dengan Ketua PSSI, Erick Thohir, untuk mewujudkan rencana itu. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini bahkan bersedia untuk berangkat ke negara pemain yang dituju.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Diskusi dengan Erick Thohir

"Saya sedang diskusi dengan Pak Erick Thohir agar kami bisa mendapatkan pemain baru yang lebih kuat," ucap Shin Tae-yong.

"Mungkin jika ada, saya akan terbang langsung ke Belanda atau negara mana pun untuk mencari pemain berdarah Indonesia."

"Kami butuh untuk melengkapi posisi striker yang lebih baik," imbuh pelatih yang membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar ini.

3 dari 4 halaman

Ada Rafael Struick

Sektor penyerangan Timnas Indonesia sebenarnya sudah diisi oleh satu striker naturalisasi yaitu Rafael Struick. Namun, pemain ADO Den Haag di kasta kedua Liga Belanda itu masih belum menggigit.

Sejak dinaturalisasi pada Mei 2023, Struick telah bermain sembilan kali untuk Timnas Indonesia. Tetapi, pemuda berusia 20 tahun itu belum pernah sekali pun mencatatkan namanya di papan skor.

Saat ini, Timnas Indonesia mempunyai delapan pemain naturalisasi. Selain Struick, tujuh nama lainnya ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan yang terbaru Jay Idzes.

4 dari 4 halaman

4 Pemain Otw Dinaturalisasi

Selain itu, PSSI masih memproses naturalisasi empat pemain keturunan. Keempatnya terdiri dari Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

Dari empat pemain yang naturalisasinya sedang dijalankan itu, hanya Oratmangoen yang atribut menyerangnya tinggi karena berposisi sebagai winger. Sisanya, berperan menjadi kiper, bek, dan gelandang.

Video Populer

Foto Populer