Sukses


Perbandingan Statistik 2 Musim Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United dan Jurgen Klopp di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Dua setengah musim sudah Ole Gunnar Solskjaer menduduki kursi kepelatihan Manchester United. Pria berkebangsaan Norwegia itu ditunjuk sebagai pengganti Jose Mourinho yang dipecat pada tahun 2018 lalu.

Solskjaer kerap membuat publik, terutama fans setia the Red Devils, mengernyitkan dahi. Namun belakangan ini, euforia terlihat dari wajah mereka mengingat Solskjaer membantu MU bertengger di papan atas klasemen Premier League.

Sebelum menghadapi Liverpool pada akhir pekan kemarin, Solskjaer sudah mendampingi Manchester United dalam 118 laga. Lantas, bagaimana kiprahnya sebagai pelatih the Red Devils sejauh ini?

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, paling pas untuk dijadikan patokan. Pria asal Jerman tersebut dikenal sebagai salah satu pelatih tersukses di Inggris saat ini mengingat dirinya berhasil membawa the Reds juara Premier League musim lalu.

Hampir sama seperti Solskjaer, Klopp juga sempat mengalami kesulitan pada tahun-tahun perdananya bersama Liverpool. Itulah sebabnya mengapa eks nahkoda Borussia Dortmund tersebut cocok untuk dijadikan patokan karier Solskjaer saat ini di Manchester United.

Berikut informasi selengkapnya, seperti yang disadur dari Planet Football.

2 dari 5 halaman

Statistik Ole Gunnar Solskjaer

Laga: 118

Kemenangan: 67

Imbang: 23

Kalah: 28

Gol: 217

Kebobolan: 123

Clean sheet: 44

Rata-rata poin per laga: 1.89

Presentase kemenangan: 56.8%

Presentase kekalahan: 23.7%

Gol per laga: 1.83

Kebobolan per laga: 1.04

3 dari 5 halaman

Statistik Jurgen Klopp

Laga: 118

Kemenangan: 60

Imbang: 34

Kalah: 24

Gol: 216

Kebobolan: 128

Clean sheet: 42

Rata-rata poin per laga: 1.81

Presentase kemenangan: 50.8%

Presentase kekalahan: 20.3%

Gol per laga: 1.83

Kebobolan per laga: 1.08

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Menilik statistik di atas, torehan Solskjaer dalam 118 laga pertamanya bersama Manchester United hampir sama seperti Jurgen Klopp. Walaupun secara keseluruhan Klopp tak terlihat secemerlang mantan pelatih Molde FK tersebut.

Menariknya, catatan rata-rata gol per laga dari masing-masing pelatih sama persis. Ini menunjukkan kalau strategi counter-attack yang kerap dimainkan Solskjaer sama berbahayanya dengan skema gegenpressing terapan Klopp.

Malahan, kalau melihat rata-rata kebobolannya, taktik counter-attack terapan Solskjaer menujukkan stabilitas yang melebihi gegenpressing ala Klopp. Menarik untuk dilihat seberapa besar Manchester United di tangan Solskjaer di masa depan nanti.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 20/1/2021)

5 dari 5 halaman

Video

Perhatian Khusus Marcus Rahsford untuk Pemain Muda Manchester United, Shola Shoretire

Video Populer

Foto Populer