Sukses


Juarai MotoGP 2019, Berikut Sederet Rekor Marc Marquez Sepanjang Kariernya

Bola.com, Jakarta - Pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil menjuarai MotoGP 2019 di Sirkuit Buriram pada Minggu (6/10/2019). Hal itu berarti Baby Alien resmi menyabet gelar juara dunia kedelapannya di semua kelas dan gelar juara dunia keenamnya di ajang MotoGP.

Marc Marquez berhasil menjadi yang tercepat setelah susul menyusul dengan rider andalan Petronas Yamaha, Fabio Quartataro. Ia berhasil membungkam Vinales yang finis di podium tiga.

Rider asal Spanyol tersebut berhasil menjawab tantangan penggemar MotoGP di seluruh dunia. Ia sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019, lebih cepat dari yang dibayangkan.

Namun, hal tersebut bisa dimaklumi. Pembalap berusia 26 tahun itu tampil meyakinkan sepanjang perhelatan MotoGP 2019. Marquez kukuh di barisan teratas klasemen MotoGP 2019 sejak awal musim.

Ia bahkan hampir selalu finis di posisi satu dan kedua sepanjang seri MotoGP tahun ini. Marquez hanya mengalami nasib sial pada MotoGP AS (15/4/2019).

Saat itu, Marquez disebut melakukan kesalahan dalam pengereman. Ia mengaku terlalu lambat memasuki tikungan 12, di sirkuit kebangaan warga Amerika itu.

Meski demikian, Marc Marquez berhasil membalik keadaan dengan sangat cepat. Ia kemudian kembali meyabet podium pada MotoGP Spanyol dan Prancis.

Marquez berhasil mempertahankan performanya hingga MotoGP Thailand. Alhasil, Baby Alien berhasil mengunci gelar juara lebih cepat pada seri ke-15 perhelatan MotoGP 2019.

Untuk kembali mengingat pencapaian Marc Marquez sepanjang karier balapnya, berikut Bola.com merangkum sederet rekor yang telah ditorehkan rider andalan Repsol Honda tersebut. 

2 dari 6 halaman

Pembalap Termuda dalam 100 podium pertama

Marc Marquez menjadi pembalap termuda yang berhasil meraih 100 podium di kelas utama. Marquez meraihnya pada usia 24 tahun 240 hari. Ia bahkan berhasil mengalahkan Valentino Rossi yang mencapai 100 podium pertama pada usia 25 tahun 244 hari.

3 dari 6 halaman

Juara Dunia Termuda dalam Sejarah MotoGP

Marc marquez memecahkan rekor sebagai juara dunia termuda dalam sejarah MotoGP, yakni pada usia 20 tahun 266 hari.

4 dari 6 halaman

Pecahkan Rekor Mick Doohan

Marc Marquez berhasil menyabet gelar juara dunia MotoGP keenamnya pada Minggu (6/10/2019). Hal itu berarto Baby Alien telah melewati catatan legenda MotoGP, Mick Doohan, yang meraih lima juara dunia di kelas MotoGP sepanjang kariernya.

5 dari 6 halaman

Podium Sejak Usianya 15 Tahun

Marc Marquez memulai karier balap profesionalnya pada tahun 2008. Saat itu, Baby Alien bergabung bersama tim KTM.

Marquez berhasil menjadi pembalap termuda kedua dalam sejarah yang berhasil naik podium satu, yakni pada usia 15 tahun 126 hari.

6 dari 6 halaman

Rekor 14 Kemenangan dalam Satu Musim

Sepanjang MotoGP 2019, Marc Marquez berhasil mengantongi 14 kemenangan. Hal itu berarti ia berhasil mengalahkan rekor yang telah dibuatnya pada 2014.

Saat itu, Marc Marquez menjadi pembalap yang berhasil mencatatkan 13 kemenangan dalam satu musim. Ia berhasil mengalahkan rekor Mick Doohan, yang hanya mencatatkan 12 kemenangan pada MotoGP musim 1997.

Video Populer

Foto Populer