Sukses


Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui, Hasilkan ASI Berkualitas

Bola.com, Jakarta - Ibu menyusui selain menghindari gaya hidup tidak sehat dan berusaha menjaga kualitas istirahat perlu juga menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan bisa menjadi sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk ibu menyusui.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah-buahan bisa membantu meningkatkan produksi dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

Menyusui merupakan cara alami untuk memberikan asupan gizi yang terbaik agar bayi cerdas, sehat, dan gemuk. Maka itu, kebutuhan gizi ibu perlu diperhatikan pada masa menyusui.

Lantas apa saja buah yang baik untuk ibu menyusui agar ASI banyak dan berkualitas?

Berikut ini daftar buah yang baik untuk ibu menyusui, dikutip dari laman Healthline dan Kidshealth, Sabtu (1/10/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

1. Stroberi

Sebagai ibu menyusui, Anda harus memasukkan buah stroberi ke menu makanan harian. Stroberi dapat memenuhi 120 mg vitamin C setiap hari. Selain itu, stroberi memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama proses pemberian ASI secara eksklusif.

2. Pisang

Mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat menggantikan kalori yang hilang saat menyusui. Jumlah kalium yang disarankan selama proses memberikan ASI yaitu sebesar 5,100 mg.

Sementara itu, pisang mengandung sekitar 450 mg kalium. Dengan mengonsumsi beberapa buah pisang, keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

3. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang merupakan lemak esensial yang penting bagi tubuh, dan bisa membantu produksi ASI lebih banyak.

Alpukat juga berguna untuk menjaga kadar gula darah dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin B, C, E, K, kalium, serta asam folat harian bagi ibu menyusui.

4. Kurma

Tidak hanya baik dikonsumsi saat hamil, kurma merupakan buah yang baik bagi ibu menyusui karena kaya akan kalsium yang membantu meningkatkan produksi ASI. Kurma pun kaya akan serat sehingga menghindarkan ibu menyusui dari sembelit dan gangguan pencernaan.

4 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

5. Pepaya

Pepaya hijau atau yang belum matang memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena kandungannya yang dapat memicu kontraksi.

Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa pepaya hijau bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin pada ibu menyusui sehingga dapat meningkatkan produksi ASI.

6. Blueberry

Blueberry bisa menjadi satu di antara buah pilihan ibu menyusui karena rasanya enak dan kaya akan beragam nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, dan serat. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu menjaga stamina.

5 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

7. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya kandungan vitamin C yang baik bagi ibu menyusui dan merupakan makanan penambah energi. Vitamin C pada buah jeruk baik untuk membantu proses regenerasi pada tubuh ibu menyusui.

8. Aprikot

Aprikot kurang familier di Indonesia. Namun, bila Anda bisa mendapatkannya, cobalah mengonsumsi aprikot secara rutin. Buah dengan cita rasa manis ini mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, dan kalsium.

Buah ini berkhasiat mengatur hormon penghasil ASI. Selain itu, aprikot dapat meningkatkan laktasi.

 

Sumber: Healthline, Kidshealth

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer