Sukses


Cara Efektif Menghadapi Burnout untuk Pekerja

Bola.com, Jakarta - Burnout adalah gambaran kondisi stres berat yang dipicu oleh pekerjaan.

Burnout dipicu oleh stres berat di tempat kerja yang tidak teratasi sehingga membuat penderitanya kehilangan semangat bekerja, bahkan kehilangan minat untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Hal yang biasanya dirasakan saat burnout adalah rasa lelah, sulit mengontrol emosi, kurang fokus, dan produktivitas menurun.

Burnout bisa memberikan dampak negatif yang cukup jelas pada kehidupan sehari-hari. Bila terus diabaikan, kegiatan bisa terganggu bahkan memengaruhi kondisi fisik.

Agar tidak larut, kamu bisa menerapkan cara-cara untuk mengatasinya.

Berikut cara efektif menghadapi burnout, disadur dari Klikdokter, Rabu (12/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengatasi Burnout

1. Kelola Stres

Ketika stres atau burnout, wajar kamu merasa gampang bete, gugup, hingga sulit makan dan tidur. Namun, usahakan untuk mengendalikan stres.

Hal ini memang kadang sulit, tetapi penting agar kondisi burnout tidak makin parah. Pertahankan pikiran positif dan alihkan pikiran pada hal-hal yang dapat membawa dampak baik bagi diri.

2. Makan Makanan Sehat

Lebihlah sering makan makanan sehat bergizi seimbang, mulai karbohidrat, protein, sayur, buah, hingga biji-bijian. Saat kamu rutin mengonsumsi makanan sehat maka pencernaanmu juga lebih sehat.

Dampak baiknya, tidur lebih teratur dan energi yang kamu dapatkan makin banyak. Tentunya ini bisa menimbulkan efek domino yang positif ketika burnout, misalnya badan lebih berenergi dan fokus tetap terjaga.

3. Rutin Berolahraga

Cara menghilangkan burnout yang juga cukup efektif adalah berolahraga. Aktivitas fisik bisa meningkatkan kadar endorfin dan serotonin pada tubuh. Saat kadar dua hormon ini meningkat pada tubuh, kondisi mental bisa lebih baik.

Berolahraga juga bisa membantumu mengalihkan pikiran yang menjadi penyebab masalah. Coba mulai kebiasaan sehat dengan rutin berolahraga setiap 30 menit per hari untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan mental.

4. Tidak Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol sering dianggap menjadi "jalan pintas" untuk merasa bahagia. Padahal, efek tersebut belum tentu terasa dan bersifat sementara.

Minum minuman beralkohol justru bisa membuatmu merasa lebih cemas dan stres nantinya. Apalagi konsumsi berlebihan dapat memperburuk kondisi organ tubuh, risiko penyakit pun malah muncul.

Untuk mengatasi burnout, coba beralih ke pilihan minuman sehat yang tak kalah enak seperti jus buah dan infused water.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengatasi Burnout

5. Tidur Cukup

Hal sederhana yang harus dilakukan ketika mengalami burnout adalah tidur cukup dan berkualitas. Tidur penting untuk kesehatan mental. Kalau kurang tidur, mood bisa jelek dan tubuh terasa lemas.

Rencanakan waktu tidur di malam hari untuk meningkatkan kualitas dan durasi waktu tidur. Orang dewasa disarankan tidur selama 7-9 jam setiap malam. Latih tubuh agar terbiasa disiplin dalam waktu tidur.

Selain itu, batasi jumlah kafein per harinya untuk meningkatkan kualitas tidur.

6. Berlatih Mindfulness

Sering dengar istilah mindfulness? Teknik ini terbukti bisa mengurangi stres dan kecemasan ketika burnout. Berlatih mindfulness bisa membantu mengalihkan pikiran negatif.

Cara melatih mindfulness bisa dilakukan lewat kegiatan:

  • Meditasi
  • Yoga
  • Latihan pernapasan
  • Tracking di alam bebas
  • Membuat jurnal harian

7. Curhat

Saat burnout melanda, jangan ragu untuk mencurahkan perasaan kepada teman atau anggota keluarga yang kamu percaya. Memendam unek-unek tidak mengatasi rasa lelah emosionalmu.

Cara mengatasi burnout ini dapat membantumu mengutarakan perasaan dan mendapat perspektif baru.

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengatasi Burnout

8. Liburan dan Lakukan Hobi

Mungkin sudah saatnya kamu liburan! Cara ini ampuh menghilangkan kejenuhan. Rencanakan liburan bersama teman atau keluarga. Solo traveling juga tak kalah seru.

Bila tak sempat liburan, lakukan saja hobimu. Usahakan cari waktu luang untuk menggeluti kegiatan yang kamu sukai.

9. Mengubah Pola Pikir

Mengubah pola pikir atau mindset menjadi lebih positif bisa membantu mengurangi burnout. Beberapa cara mengatasi burnout dengan mengubah mindset yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Fokus pada tujuan hidup yang benar
  • Mengganti pikiran negatif ke arah yang lebih positif dan realistis
  • Mengurangi kebiasaan membandingkan diri
  • Mengakui adanya perasaan negatif yang muncul dan mengatasinya
  • Optimistis menghadapi masa depan
  • Percaya bahwa setiap masalah akan selesai

10. Konsultasi Psikolog

Jika kamu tidak ada orang terdekat untuk curhat dan sudah kewalahan menghadapi burnout, lebih baik konsultasi dengan psikolog. Psikolog akan membantumu mengatasi depresi, kecemasan, atau stres.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/10/2022)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer