Sukses


Apa Itu Ketahanan Nasional? Yuk, Pahami Penjelasan Singkatnya

Bola.com, Jakarta - Ketahanan nasional adalah suatu kondisi ideal yang dimiliki oleh suatu negara dalam mengembangkan kekuatannya sehingga bisa menghadapi berbagai macam ancaman yang datang mengganggu kelangsungan hidup bangsa, baik itu dari internal maupun eksternal.

Konsep ketahanan nasional dikenal sejak tahun 1968.

Menurut Lembaga Ketahanan Nasional, definisi dari ketahanan nasional merupakan kondisi yang dinamis dari Bangsa Indonesia yang berisi soal daya tahan serta keuletan dalam menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan, maupun ancaman dari dalam maupun luar negeri.

Pedoman yang digunakan dalam konsepsi ketahanan dasar nasional adalah Astagatra. Astagatra merupakan suatu perangkat hubungan yang saling berkaitan dalam membentuk perilaku masyarakat.

Kesejahteraan dan keamanan memang berbeda, tetapi tidak bisa dipisahkan. Sebab dalam praktiknya, penyelenggaraan kesejahteraan ini membutuhkan keamanan dan sebaliknya.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang ketahanan nasional, dilansir dari laman sampoernaacademy.sch.id, Kamis (13/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Ketahanan Nasional

  • Berlandaskan prosedur astagatra, yaitu terdiri dari tiga faktor alami, seperti kekayaan alam, geografis, serta masyarakat dan lima faktor kemasyarakatan, yaitu ekonomi, budaya, pertahanan, filsafat, serta ketatanegaraan.
  • Ketahanan nasional berfokus untuk mempertahankan nilai-nilai yang dianut demi kelangsungan hidup suatu bangsa dengan pendekatan keamanan dan kesejahteraan.
  • Berpegang teguh pada pemahaman wawasan nasional berdasarkan cara pandang bangsa sesuai Pancasila dan UUD 1945.
  • Ketahanan nasional merupakan yang wajib bagi negara berkembang.
  • Digunakan untuk menghadapi provokasi, rintangan, dan halangan.
3 dari 4 halaman

Sifat-Sifat Ketahanan Nasional

Mandiri

Artinya ketahanan nasional harus percaya penuh pada kemampuan negara itu sendiri. Suatu negara harus memiliki memiliki prinsip tidak mudah menyerah dengan bertumpu pada identitas, integritas, dan kepribadian bangsa.

Kemandirian ini merupakan satu di antara syarat yang digunakan untuk menjalin kerja sama dalam perkembangan global.

Dinamis

Dinamis berarti ketahanan nasional akan selalu berubah-ubah, baik itu meningkat maupun menurun sesuai dengan kondisi dan situasi dari suatu bangsa.

Maka itu ketahanan nasional ini harus berorientasi pada masa depan yang selalu berkembang sehingga ketika nantinya ada perkembangan zaman, ketahanan negara akan siap menghadapinya dan tidak goyah.

Wibawa

Wibawa berarti ketahanan nasional harus selalu meningkatkan kualitasnya sehingga bisa diperhitungkan oleh negara lain. Dengan kewibawaan itu, suatu negara akan lebih segani oleh negara lain.

Manunggal

Manunggal berarti ketahanan nasional harus mewujudkan kesatuan yang seimbang di antara semua aspek bernegara.

Konsultatif dan Kerja Sama

Asas ini menjelaskan bahwa ketahanan nasional menuntut suatu negara untuk selalu mengedepankan sikap-sikap non-konfrontatif dan non-provokatif.

Hal ini berarti suatu negara harus mengedepankan sikap konsultatif dan kerja sama dalam menghadapi suatu tantangan yang datang mengancam keamanan dari suatu negara,.

4 dari 4 halaman

Asas-Asas Ketahanan Nasional

Asas Kesejahteraan & Ketentraman

Asas pertama ini menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk masyarakat. Dengan adanya dua aspek tersebut, suatu kehidupan nasional akan berlangsung dengan lebih baik lagi.

Seperti yang telah dijelaskan, dalam konsepsi ketahanan nasional bahwa kesejahteraan dan ketenteraman tidak bisa dipisahkan dan saling memengaruhi satu sama lain.

Asas Komprehensif Integral

Asas ini berarti kondisi di mana kehidupan bangsa bisa harmonis, terpadu, seimbang, selaras, dan serasi.

Asas Mawas ke Dalam dan ke Luar

Asas mawas ke dalam bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter, sifat, dan kehidupan nasional berdasarkan nilai otonomi untuk meningkatkan kemandirian bangsa.

Sedangkan mawas ke luar berarti suatu negara bisa mengantisipasi, melawan, dan menanggulangi dampak lingkungan luar negeri.

Asas Kekeluargaan

Asas kekeluargaan berarti suatu negara harus memiliki sikap dan jiwa yang adil, solidaritas, gotong royong, toleransi, dan tanggung jawab terhadap warga negaranya.

 

Sumber: Sampoernaacademy.sch.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer