Sukses


Klopp: Hanya dengan Tim B, Barca Bisa Menang di La Liga

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menyebut Barcelona sebagai klub terbaik dunia saat ini. Manajer berkebangsaan Jerman itu menilai Barca bisa memenangkan 50 persen pertandingan di La Liga hanya dengan menurunkan tim B.

Sejak berdiri pada 29 November 1899, Barcelona telah memenangkan 24 gelar La Liga, 28 Piala Raja, dan 12 trofi Piala Super Spanyol di kancah domestik. Sementara pada ajang Eropa, Blaugrana meraih 5 trofi Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Barca juga dihuni para pemain papan top dunia, di antaranya Lionel Messi yang telah memenangkan 5 gelar FIFA Ballon d'Or. Beberapa pemain Barca lainnya juga kerap menghiasi nominasi penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA itu.

Tak hanya itu saja, Akademi Barcelona, La Masia, juga rajin memproduksi para pemain muda jempolan yang kemudian menjadi tulang punggung permainan Barca, di antaranya Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

"Perbedaan besar antara Premier League dan La Liga adalah Barcelona bisa memainkan 50 persen pertandingan dengan menurunkan tim B. Ada beberapa laga di mana Lionel Messi hanya berlari 4,3 kilometer tapi dia bisa mencetak 5 gol. Mereka tim terbaik dunia," ungkap Klopp.

"Sementara itu, Premier League amat keras. Jika memiliki skuat yang bisa dibagi dalam dua tim, Anda bisa membiarkan mereka bermain seperti Manchester United dan Manchester City," ia menambahkan.

Ini menandai musim kedua Jurgen Klopp membesut Liverpool. Pria berusia 49 tahun itu membawa The Reds berada di posisi kedelapan klasemen akhir Premier League 2015-2016 dengan mengumpulkan 60 poin dari 38 laga.

Musim ini, Klopp membawa The Reds meraih satu kemenangan, imbang, dan kalah dari 3 laga awal awal Premier League 2016-2017. Menang 4-3 melawan Arsenal pada laga pembuka, The Reds takluk 0-2 melawan Burnley dan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Tottenham Hotspur.

"Segalanya bergantung kepada sesi pemulihan. Inggris tak memiliki itu. Anda bisa menang besar jika bisa memecahnya di titik tertentu. Namun, untuk sampai pada titik tersebut selalu sulit, sulit, sulit," sambung Klopp.

"Misalnya saja tiga pertandingan, tanggal 26, lalu, 28 dan 31. Itu yang paling padat. Tak ada waktu untuk memulihkan diri," tutur Jurgen Klopp.

Sumber: Football-Espana

Video Populer

Foto Populer