Sukses


Statistik I Made Wirawan, Kiper Terbaik di Piala Presiden 2015

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Persib Bandung menjadi juara Piala Presiden setelah tahun lalu menjadi juara Indonesia Super League memang didukung banyak faktor.

Pemain baru kelas wahid seperti Zulham Zamrun, dukungan suporter fanatik Bobotoh maupun Viking dan tetap dipertahankannya komposisi solid pemain seperti tahun lalu, jadi sejumlah faktor itu.

I Made Wirawan merupakan salah satu pemain penting yang dipertahankan Persib, ia kini telah menjalani musim ketiganya bersama Maung Bandung.

Pemain kelahiran Gianyar, 34 tahun silam ini memulai karier sepak bola di Perseden Denpasar pada tahun 2002. Sempat pindah ke Persekaba Bandung, namun namanya mulai tenar saat sukses menjadi penjaga gawang utama di Persiba Balikpapan hingga tahun 2012.

Kesuksesan Persib Bandung di Piala Presiden kali ini pun tak lepas dari perannya di bawah mistar. Persib menampilkan performa sempurna di fase penyisihan Grup C dengan memenangi 3 laga dan tanpa sekalipun kebobolan. I Made Wirawan bermain dalam dua partai pertama, yakni melawan mantan klubnya Persiba Balikpapan (4-0) dan Bonek FC (2-0).

Memasuki fase knock-out dengan sistem kandang-tandang, peran I Made Wirawan semakin penting. Salah satu kelemahan Persib adalah cukup susahnya mereka mengendalikan permainan saat laga tandang. Hal itu tercermin saat menghadapi lawan kuat, Pusamania Borneo FC, di perempat final. Ketika itu Persib kalah 3-2.

Kiper Persib, I Made Wirawan, terpilih sebagai kiper terbaik di Piala Presiden 2015 versi Labbola. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Meski tampil tidak terlalu baik dengan kebobolan 3 gol, I Made berhasil membuat 3 penyelamatan serta intercept dan sapuan masing-masing 2 kali. Pada akhirnya penyelamatan I Made menjadi penting karena Persib berhasil lolos dengan keunggulan gol tandang.

Memasuki semifinal, Persib yang kembali harus tandang ke Kalimantan kembali kalah 1-0 dari Mitra Kukar. Kiper bernomor punggung 78 ini bermain bagus saat itu dengan mampu mempertahankan Persib hanya kebobolan 1 kali, di mana total Mitra Kukar melakukan 5 tembakan tepat ke arah gawang. Persib akhirnya bisa membalas di Soreang dengan skor 3-1 untuk lolos ke partai puncak.

Di final, kembali I Made Wirawan menunjukkan kematangannya. I Made cukup solid memberi arahan pada Ahmad Jufriyanto dan Vujovic menjaga areal pertahanan Persib, dan ia sendiri kembali mencatatkan cleansheet-nya yang ketiga.

Sepanjang turnamen Piala Presiden, total I Made melakukan 13 kali penyelamatan, atau rata-rata 1,86 per pertandingan, selain itu I Made juga piawai dalam mengantisipasi bola-bola atas, di mana ia melakukan 13 kali aksi memotong bola.

Menjadi sosok penting dalam perjalanan juara Persib, tak salah bila I Made Wirawan layak dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala Presiden 2015.

Baca Juga:

Statistik Mengesankan Persib Bandung Saat Bungkam Mitra Kukar

Statistik: Bisakah Persib Membalas Kekalahan dari Mitra Kukar?

Eka Ramdani Menantang Firman Utina, Ini Statistik Kedua Pemain

Video Populer

Foto Populer