Sukses


Alasan Kas Hartadi Genjot Persik Latihan Aerobik

Bola.com, Kediri - Posisi Persik Kediri yang masih tercecer di peringkat ketiga klasemen sementara babak 16 besar Grup C Indonesia Soccer Championship B 2016 memaksa Kas Hartadi putar otak lebih keras. Menjelang lawatan ke kandang Perserang Serang, 29 Oktober 2016 mendatang, Kusnul Yuli dkk. pun dicekoki latihan aerobik untuk mendongkrak daya tahan tubuhnya.

Maklum, dari tiga pertandingan awal, Macan Putih tampil kurang meyakinkan. Mereka hanya meraih sekali kemenangan, sisanya seri dan kalah.

Padahal di fase penyisihan awal, mereka tak sekali pun mengalami kekalahan. Bahkan di kandang sendiri pun tak pernah seri. 

"Kekuatan fisik pemain menurun di babak 16 besar. Kondisi ini memengaruhi permainan secara global. Bahkan, mereka tampak kepayahan untuk tampil 2x45 menit. Di menit akhir, anak-anak tampak kedodoran," tutur Kas Hartadi pada Jumat (21/10/2016) sore. 

Makanya, masa jeda kompetisi dimanfaatkan Kas Hartadi dengan memperbanyak latihan fitnes dan aerobik. Baik di dalam ruangan maupun lapangan dengan memainkan bola. 

"Program ini lebih fokus untuk menambah daya tahan tubuh. Otot, paru-paru, dan jantung menjadi sasaran utama. Kalau soal teknis tak ada masalah. Namun, teknik bisa hilang bila tak didukung fisik yang prima," kata sang mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut.

Dari tiga pertandingan sebelumnya, para pemain memang tak mampu mengimbangi daya tahan lawan. Apalagi Martapura FC, Perserang, dan Celebest FC lebih banyak memakai pemain muda yang fisiknya lebih kuat dibanding penggawa Persik.

Sementara itu Persik lebih banyak memiliki pemain yang rata-rata usianya di atas 30 tahun. "Senioritas pemain Persik secara psikologis memang bisa menjatuhkan mental lawan. Namun, secara fisik, mereka kalah bila diadu dengan pemain dari tiga klub itu. Makanya, saya sangat serius membenahi fisik para pemain," ujar Kas Hartadi.

Video Populer

Foto Populer