Sukses


Menpora Ingin Indonesia Raih Juara Piala AFF Futsal

Bola.com, Jakarta - Timnas Futsal Indonesia akan mengikuti Piala AFF Futsal 2016 yang akan digelar di Thailand mulai 23 Januari 2017. Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, menegaskan Bambang Bayu Saptaji dkk. harus menjadi juara di turnamen futsal di Asia Tenggara itu.

Piala AFF Futsal 2016, yang sempat ditunda dan bahkan dibatalkan, akhirnya dipastikan bakal digelar pada 23  Januari 2017. Juara bertahan Thailand dipastikan akan menjadi tuan rumah setelah sempat mengundurkan diri menjadi tuan rumah setelah Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia dan Thailand mendeklarasikan duka cita selama satu tahun.

Thailand memastikan tetap menjadi tuan rumah setelah Piala AFF Futsal 2016 dibatalkan lantaran Indonesia juga menarik diri sebagai tuan rumah menggantikan Thailand karena sulitnya mendapatkan sponsor dalam waktu yang sangat singkat.

Kepastian akan digelarnya Piala AFF Futsal 2016 yang sempat ditunda membuat Timnas Futsal Indonesia kembali melakukan pemusatan latihan yang dilakukan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, sejak 27 Desember 2016.

Menpora RI, Imam Nahrawi, yang baru saja merasa sangat senang karena keberhasilan Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2016 pada 17 Desember 2016, merasa Piala AFF Futsal 2016 harus menjadi momentum yang lebih baik bagi Indonesia. Menpora pun menargetkan Timnas Futsal Indonesia menjadi juara di Thailand.

"Indonesia harus menjadi juara di AFF nanti. Saya rasa ke depan Timnas Futsal Indonesia bisa menjadi macan Asia," ujar Imam Nahrawi.

Timnas Futsal Indonesia memang menargetkan juara di turnamen level Asia Tenggara kali ini. Sepanjang sejarah Piala AFF Futsal yang sudah digelar 12 kali, Indonesia hanya berhasil satu kali menjadi juara pada 2010. Sementara 11 edisi lainnya dimenangi oleh Thailand yang kini pun berstatus sebagai juara bertahan.

Piala AFF Futsal 2016 hanya akan diikuti oleh tujuh negara setelah Singapura dan Vietnam menarik diri karena alasan internal. Timnas Futsal Indonesia tergabung di Grup B bersama Laos, Myanmar, dan Malaysia. Sementara tim tuan rumah Thailand berada di Grup A bersama Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Video Populer

Foto Populer