Sukses


APPI Tampung Pendapat soal Wacana Pembatasan Usia Pemain

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) mengakui bahwa ada kegelisahan dari sejumlah pemain sepak bola Indonesia terkait wacana pembatasan usia untuk kompetisi sepak bola Indonesia tahun 2017. APPI hingga saat ini memilih untuk menampung pendapat dan kegelisahan pemain untuk kemudian kemungkinan besar berdiskusi dengan PSSI.

Regulasi pembatasan usia pemain sepak bola untuk kompetisi 2017 membuat banyak pemain terancam tak bisa melanjutkan karier sepak bolanya. Hal ini seiring wacana hanya dua pemain berusia 35 tahun yang bisa memperkuat sebuah tim di level Indonesia Super League 2017.

Tak hanya di level ISL, pemain-pemain yang berkompetisi bersama klub Divisi Utama lebih terancam. PSSI mengungkap regulasi pembatasan pemain di level tersebut maksimal 25 tahun, dengan syarat tambahan klub boleh memiliki maksimal lima pemain di atas 25 tahun.

Bek senior Persija Jakarta, Ismed Sofyan, kepada Bola.com mengaku menyerahkan kepada APPI untuk membahas regulasi itu. Pemain bertahan berusia 37 tahun itu, yang bersama Bambang Pamungkas, dan Hong Soon-hak menjadi pemain di atas 35 tahun dalam skuat Persija, tampak tetap santai dan memilih menggunakan wadah asosiasi pemain untuk membantu masa depannya.

Sekjen APPI, Valentino Simanjuntak, mengakui bahwa sudah ada sejumlah pemain yang membahas permasalahan terkait regulasi baru itu. Namun, Valentino menegaskan bahwa APPI pada dasarnya melihat maksud PSSI membuat regulasi tersebut bertujuan baik. Hanya saja detail regulasi yang membatasi usia pemain sepak bola di kompetisi itu masih bisa dibicarakan dengan pihak PSSI sebagai federasi sepak bola di Indonesia.

"APPI melihat regulasi ini pada dasarnya bertujuan baik. Kita semua ingin ada regenerasi pemain sepak bola di Indonesia berjalan dengan baik. Sampai sejauh ini APPI baru menampung pendapat dari pemain-pemain. Kami juga masih menginventarisir jumlah pemain yang terkendala pembatasan usia ini. Tak hanya pemain di ISL, tapi juga di Divisi Utama yang pastinya akan lebih banyak lagi," ujar Valentino Simanjuntak kepada Bola.com.

Valentino Simanjuntak menegaskan APPI tidak akan terburu-buru untuk mengambil sikap terhadap regulasi yang dianggap masih dalam proses wacana itu. APPI akan melakukan dengar pendapat dengan PSSI jika akhirnya regulasi itu dianggap sudah final. Namun, APPI juga terbuka jika PSSI yang kini menjadi mitra kerja mereka ingin mengajak diskusi sebelum regulasi itu ditetapkan untuk musim depan.

Video Populer

Foto Populer