Sukses


FIFA Siap Kucurkan Dana, PSSI Segera Ajukan Proposal

Bola.com, Jakarta - Delegasi FIFA berkunjung ke Indonesia, Sabtu dan Minggu, 18-19 Februari 2017, membahas program FIFA Forward untuk membantu PSSI memajukan sepak bola Indonesia. Memiliki potensi mendapatkan kucuran dana dari FIFA, PSSI segera menyelesaikan proposal yang dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan sepak bola Indonesia.

Dua perwakilan FIFA, Sanjeevan Balasingam dan Tom Gorissen, mengunjungi PSSI terkait program FIFA Forward. Dalam keterangan pers di Kantor PSSI, Minggu (19/2/2017), FIFA akan mengucurkan dana sebesar USD 1,25 juta, atau mencapai Rp 16,6 miliar, per tahun.

Bantuan untuk PSSI dalam program FIFA Forward itu terdiri dari USD 500 ribu untuk keperluan operasional PSSI dan USD 750 ribu untuk keperluan proyek spesifik PSSI, yang merupakan rencana strategis dari federasi sepak bola Indonesia itu.

Untuk penggunaan dana sebesar USD 750 ribu per tahun itu, PSSI perlu mengajukan proposal mengenai detail rencana strategis mereka agar bisa menggunakan dana dari FIFA tersebut.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menegaskan PSSI sudah memiliki program yang telah disepakati melalui Kongres PSSI pada Januari 2017. Joko Driyono menganggap bantuan FIFA ini menjadi tambahan dukungan untuk bisa mempercepat rencana strategis yang dimiliki federasi.

"PSSI juga punya target yang telah disusun untuk jangka waktu satu hingga empat tahun kepengurusan. Jadi, dukungan melalui program ini saling melengkapi dengan dukungan dari pemerintah dan AFC sebelumnya. FIFA Forward dengan bantuan dana sebesar USD 1,25 juta per tahun akan menjadi additional resource yang bisa kami sinergikan demi mempercepat rencana strategis PSSI," ujar Joko Driyono di Kantor PSSI, Minggu (19/2/2017).

FIFA memberikan jangka waktu hingga 1 Juni untuk setiap federasi mengajukan proposal dan akan diputuskan oleh Komite Pengembangan FIFA yang dipimpin Presiden AFC, Salman Al Khalifa. Namun, Joko Driyono memastikan PSSI akan langsung bekerja agar bisa mengajukan proposal kepada FIFA.

"Kami tidak akan menunggu hingga 1 Juni. Dalam satu pekan ke depan kami harapkan bisa memunculkan draft detail program-program PSSI yang bisa diikutkan dalam program FIFA Forward. Satu pekan ke depan hingga 1 Juni nanti adalah pekerjaan rumah PSSI untuk bisa mendetailkan secara spesifik apa saja yang bisa kami manfaatkan sesuai dengan target rencana strategis PSSI," ujar Joko Driyono.

FIFA Forward merupakan program baru FIFA yang diputuskan melalui Kongres FIFA di Meksiko pada Mei 2016. FIFA memutuskan untuk memberikan bantuan dana melalui program tersebut kepada 211 angggotanya dengan total anggaran mencapai USD 1,4 miliar, atau Rp 18,6 triliun.

 

Video Populer

Foto Populer