Sukses

Kiko Insa Dapat Panggilan Gabung Timnas Malaysia

Bola.com, Kuala Lumpur - Kabar datang dari mantan pemain Arema dan Bali United, Kiko Insa. Pemain bernama lengkap Francisco Javier Insa Bohigues ini mendapat panggilan bergabung dalam Timnas Malaysia yang disiapkan untuk menjalani laga persahabatan serta kualifikasi Piala Asia kontra Hong Kong, 5 September 2017.

Seperti dilansir dari Berita Harian, Jumat (4/8/2017), panggilan untuk Kiko Insa jadi sebuah kejutan. Pasalnya, sejak jadi warga negara Malaysia dengan jalur naturalisasi, pemain 29 tahun yang bermain di klub Pahang FA itu belum pernah mendapat panggilan gabung Timnas Malaysia. Bisa diartikan, pemanggilan kali ini merupakan debut bagi Kiko Insa. 

Kabar Kiko Insa menjadi warga negara Malaysia muncul di awal Januari 2017. Ia diketahui memiliki darah Malaysia dari sang nenek dan ayah. Sang ayah disebut-sebut berasal dari Sabah.

Sejak resmi memegang paspor Malaysia, pemain yang pernah jadi idola Aremania itu mengungkapkan keinginannya agar dipanggil ke Timnas Malaysia.

Harapan itu akhirnya terwujud. Pelatih Timnas Malaysia, Nelo Vingada, memanggil Kiko Insa bersama dengan 23 pemain lain yang akan menjalani pemusatan latihan Tim Harimau Malaya. 

Secara khusus, ada 11 pemain baru, termasuk Kiko Insa, yang dipanggil pelatih asal Portugal itu untuk dijajal kemampuannya. Sementara 13 pemain dari pemusatan latihan sebelumnya, dipertahankan Nelo Vingada.

Selain Kiko Insa, Nelo Vingada juga kembali memanggil dua pemain Johor Darul Ta'zim, yang sebelum ini tak dipanggil karena mengalami cedera. Dua pemain itu adalah Aidil Zafuan Abd Radzak dan Azrif Nasrulhaq Badrul Hisham.

Di sisi lain, Matthew Davies dan Nor Azam Abdul Azih yang biasa jadi langganan timnas senior, kali ini absen karena sudah dilepas untuk gabung dengan TC Timnas Malaysia U-22 yang disiapkan untuk SEA Games 2017.

Kiko Insa dan ke-23 pemain mulai menjalani pemusatan latihan di Stadion Hang Tuah, Melaka, sebagai persiapan partai uji coba kelas A sebagai persiapan kualifikasi Piala Asia 2019.

Tiga uji coba internasional itu, masing-masing melawan Suriah yang dimainkan di Stadion Hang Jebat pada 22 Agustus 2017, kemudian menjalani partai uji coba tandang melawan Macau (25 Agustus 2017) dan menantang Myanmar di Yangon (29 Agustus 2017).

Kiko Insa dkk. diagendakan kembali ke Malaysia setelah menghadapi Myanmar dan melanjutkan persiapan di Melaka untuk meladeni Hong Kong pada putaran ketiga Grup B kualifikasi Piala Asia 2019, 5 September 2017, di Stadion Hang Jebat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer