Sukses


Premier League 2017-2018: Impian Newcastle United

Bola.com, Newcastle - Newcastle United kembali ke kancah kompetisi tertinggi Inggris, Premier League, pada 2017-2018. The Magpies berstatus sebagai juara Divisi Championships.

Dengan mengemban nama besar, khususnya pada era 1990-an, Newcastle United tidak ingin hanya "menumpang lewat". Klub asuhan Rafael Benitez itu ingin bertahan di Premier League.

Harapan besar para petinggi klub diberikan kepada Benitez. Newcastle United mengontrak pelatih Spanyol sarat pengalaman itu dengan kontrak berdurasi tiga tahun, terhitung sejak tahun lalu.

Pengalaman Benitez melatih klub-klub besar seperti Liverpool, Inter Milan, maupun Real Madrid menjadi acuan manajemen The Magpies. Mereka percaya, Benitez bisa membawa Newcastle United kembali menjadi tim yang disegani di Inggris.

Upaya Benitez mengembalikan kehebatan Newcastle United mulai terlihat di Divisi Championship. The Magpies menjadi tim dengan raihan poin terbanyak sekaligus dengan catatan selisih gol terbaik di antara 23 peserta lain.

Petualangan Newcastle United itu memang berbeda bila dibandingkan kualitas tim-tim Premier League. Apalagi, The Magpies akan langsung berhadapan dengan kandidat juara, Tottenham Hotspur, pada partai pembuka Premier League 2017-2018.

Konsistensi dan kekompakan tim harus terus dijaga demi mengembalikan status Newcastle United. Kehilangan semua itu, Newcastle United harus bersiap-siap mengubur mimpi bertahan di Premeir League, alias terdegradasi pada musim depan.

Baca ulasan khusus Bola.com menjelang bergulirnya Premier League 2017-201 dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

St James' Park

St James' Park merupakan satu di antara stadion ikonik Inggris. Usia stadion kebanggaan masyarakat Newcastle itu sudah melewati angka satu abad.

Kapasitas penonton St James' Park mencapai 52.000 ribu. Jumlah tersebut menjadikan St James's Park sebagai stadion dengan kapasitas terbanyak keempat di Inggris, di bawah Wembley, Old Trafford, dan Emirates.

Banyaknya tempat duduk stadion mengindikasikan jumlah pendukung setia tim. Jika stadion penuh, bisa dipastikan Newcastle United bakal mendapat sokongan suporter yang banyak saat menghadapi tim tamu.

Akan tetapi, St James's Park tidak lagi "seangker" dulu. Kini, The Magpies sering kehilangan poin setiap kali menjamu lawan-lawannya di stadion tersebut.

Dari catatan pada musim lalu, Newcastle United menelan lima kekalahan kandang di Divisi Championship. Jumlah itu setara dengan kekalahan pasukan Benitez saat melakoni laga tandang.

Tidak bisa dimungkiri, para tim di Premier League harus tampil "garang" sebagai keuntungan bermain di kandang. Contoh yang jelas dialami Sunderland ketika terdegradasi pada musim lalu. "Tetangga" Newcastle United itu menelan kekalahan sebanyak 11 kali di markasnya.

Jika Newcastle United tidak bisa memperbaiki catatan kandang pada musim ini, klub-klub mapan bisa dengan mudah meraup poin di St James's Park. Hal itu bisa menyulitkan The Magpies bertahan di Premier League.

3 dari 3 halaman

Skuat

Skuat Newcastle United sebenarnya diisi para pemain yang cukup dikenal dalam dunia sepak bola. Ditambah, nama besar Rafael Benitez diharapkan para pendukung bisa memaksimalkan potensi para pemain itu.

Benitez cukup puas dengan skuat yang ada. Dia hanya mendatangkan lima pemain baru demi menambah kekuatan tim untuk mengarungi musim 2017-2018. Jumlah itu sama dengan jumlah Newcastle United kehilangan pemain.

"Kami ingin merekrut banyak pemain karena banyak juga pemain yang pergi. Kami mencoba membangun skuat demi bersaing di Premier League. Kami akan berusaha semaksimal mungkin," kata Benitez.

Dari semua pemain yang ada, harapan besar diberikan kepada striker Dwight Gayle. Pemain rekrutan dari Crystal Palace pada tahun itu, menjadi bomber tajam The Magpies selama musim lalu.

Selain Gayle, Benitez juga bakal mengandalkan pemain baru, Jacob Murphy, yang dibeli dari Norwich City pada musim panas ini. Murphy digadang-gadang sebagai gelandang serang masa depan tim nasional Inggris.

Skuat Newcastle United (hingga 6 Agustus 2017)

Kiper: Karl Darlow, Rob Elliot, Tim Krul, Freddie Woodman

Bek: Ciaran Clark, Paul Dummett, Jesus Gamez, Massadio Haidara, Grant Hanley, Jamaal Lascelles, Achraf Lazaar, Florian Lejeune, Javi Manquillo, Chancel Mbemba, Jamie Sterry, DeAndre Yedlin

Gelandang: Rolando Aarons, Christian Atsu, Jack Colback, Mohamed Diame, Isaac Hayden, Mikel Merino, Matt Ritchie, Jonjo Shelvey

Striker: Siem de Jong, Dwight Gayle, Aleksandar Mitrovic, Jacob Murphy, Ayoze Perez

Video Populer

Foto Populer