Sukses


Jelang MotoGP Qatar 2016, Rossi Waspadai Ducati dan Vinales

Bola.com, Losail - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mewaspadai ancaman Ducati dan potensi kejutan dari pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, pada balapan perdana MotoGP 2016 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (20/3/2016).

Vinales memang layak diwaspadai. Pada sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Qatar, pebalap asal Spanyol itu berada di posisi kelima dengan catatan waktu 1 menit 55,847 detik.

"Maverick punya talenta yang luar biasa. Apalagi dia masih sangat muda! Selain itu, performa motor Suzuki juga meningkat. Saya rasa dia bisa menempel kami saat lomba. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, saya rasa dia berpotensi menjadi juara dunia MotoGP," ujar Rossi seperti dilansir Crash, Jumat (18/3/2016).

Soal Ducati, Rossi mewaspadai kecepatan kuda besi pabrikan asal Italia tersebut pada trek lurus. Potensi dari Desmosedici GP16 pun sudah terlihat pada FP1.

"Kami punya data yang memperlihatkan GP16 lebih cepat 10 km/jam dibanding motor lain saat trek lurus. Hal itu akan menjadi masalah buat kami. Belum lagi ada Honda dan Suzuki yang terlihat terus mengalami peningkatan dan sudah memangkas selisih dengan kami," kata Rossi.

Baca Juga

Pada FP1, Rossi menempati posisi kedua dengan torehan waktu lap tercepat 1 menit 55,707 detik. Catatan waktu The Doctor hanya lebih lambat 0,267 detik dari rekan setimnya yang menjadi pebalap tercepat, Jorge Lorenzo.

Meski kalah cepat dari Lorenzo, Rossi mengaku tetap puas dengan performanya pada FP1. Saat ini, fokus pemegang tujub gelar juara dunia MotoGP itu adalah meningkatkan keseimbangan YZR-M1 guna mendapatkan feeling dengan ban Michelin.

"FP1 berjalan positif. Saya puas karena posisi kedua itu bagus. Waktu putaran serta kecepatan saya juga tak terlalu jelek. Namun, kami harus tetap fokus karena kondisi trek di setiap sesi bakal berubah-ubah. Kami mesti siap saat grip semakin baik. Saya akan mencoba meningkatkan feeling dengan motor dan membuat keputusan terbaik dalam pemilihan ban," kata Rossi di situs resmi Yamaha Racing.

Valentino Rossi sebenarnya punya rekam jejak bagus di GP Qatar. Dalam tiga musim terakhir, dia tak pernah absen naik podium. Bahkan musim lalu Rossi keluar sebagai pemenang.

Video Populer

Foto Populer