Skenario Distribusi Tiket Liga Champions dan Liga Europa Klub-klub Premier League

oleh Ario Yosia diperbarui 07 Mei 2019, 06:02 WIB
Logo Premier League - Page Resource

Bola.com, Jakarta - Beberapa pekan terakhir persaingan perebutan tiket Liga Champions dan Liga Europa berlangsung dengan ketat di pentas Premier League.

Sebelum pekan ke-37 terdapat empat tim yang memperebutkan dua tiket sisa masuk ke Liga Champions, dan kini masih belum diketahui jumlah pasti dari tim Inggris yang akan lolos ke kompetisi tersebut pada musim depan.

Advertisement

Saat ini sudah terdapat tiga tim, yaitu Liverpool, Manchester City, dan Chelsea yang sudah dipastikan akan lolos ke Liga Champions untuk musim 2019-2020.

Berbagai skenario dapat membuat jumlah partisipan bertambah menjadi empat atau lima tim.

Dilansir dari BBC, berikut adalah rangkaian skenario yang dapat menentukan tim dari Premier League yang akan mengikuti Champions League dan Europa League musim depan.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 6 halaman

Juara Piala FA

Bek Chelsea, David Luiz, duel udara dengan striker Watford, Troy Deeney, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (5/5). Chelsea menang 3-0 atas Watford. (AFP/Ben Stansall)

Manchester City dan Watford akan berhadapan di Wembley Stadium dalam laga final FA Cup pada Sabtu (18/5). Seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya, tim yang menjadi juara akan mendapatkan tiket ke fase grup Europa League.

Tetapi akibat City sudah dipastikan lolos ke fase grup Champions League, maka apabila mereka menjadi juara FA Cup, maka tim di peringkat ketujuh Premier League yang akan mendapatkan tiket tersebut.

Apabila Watford menjadi juara, maka mereka akan mendapatkan tiket lolos ke fase grup Europa League, dan tim yang berada di peringkat keenam (Manchester United) harus mengikuti kualifikasi tahap kedua.

Ini akan jadi persoalan bagi tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer akan menjalani kegiatan pramusim di China pada hari yang sama pada Jumat (25/7/2019).

3 dari 6 halaman

Tiket Liga Champions Berdasarkan Peringkat

Gelandang Chelsea, Pedro, mengontrol bola saat melawan Watford pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (5/5). Chelsea menang 3-0 atas Watford. (AFP/Ben Stansall)

Umumnya tim yang berada di posisi empat besar Premier League akan masuk ke fase grup Liga Champions musim berikutnya.

Sementara itu, tim yang menjadi juara Piala FA dan tim di peringkat kelima akan lolos ke fase grup Liga Europa, ditambah dengan juara League Cup yang masuk ke tahap kualifikasi kedua dari Europa League.

Namun keberhasilan Manchester City menjadi kampiun Piala Liga musim ini, ditambah dengan keberadaan mereka di peringkat kedua teratas liga membuat tim di peringkat keenam Premier League akan mendapatkan jatah mengikuti Liga Europa.

4 dari 6 halaman

Kemungkinan Klub Inggris Juara Liga Champions

Aksi Luis Suarez saat dihadang Joel Matip pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soriano)

Tottenham Hotspur dan Liverpool memang mendapatkan kekalahan pada leg pertama semifinal Liga Champions, tetapi mereka masih dapat menjadi juara apabila dapat membalikkan ketertinggalan tersebut dan meraih kemenangan pada babak final.

Apabila salah satu dari kedua tim tersebut menjadi juara dan finis di peringkat empat besar Premier League (The Reds sudah dipastikan akan finis di peringkat pertama atau kedua liga), maka hanya akan ada empat tim yang lolos ke fase grup Liga Champions.

Jatah ekstra yang tersisa akan diberikan kepada juara Liga Austria, yang seharusnya harus mengikuti laga kualifikasi sebagai wakil dari liga peringkat kesebelas di daftar koefisien UEFA.

Sementara apabila tim Inggris yang menjadi juara finis di luar posisi empat besar (sesuatu yang dapat terjadi bagi Spurs), maka lima tim akan lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.

5 dari 6 halaman

Jika Arsenal atau Chelsea Juara Liga Europa

Proses gol penaltih yang dicetak striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, ke gawang Brighton pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Minggu (5/5) Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Glyn Kirk)

Arsenal dan Chelsea mendapatkan hasil yang menguntungkan dalam babak semifinal Liga Europa dan memiliki peluang yang tinggi untuk mencapai babak final. Salah satu dari kedua tim itu dapat keluar sebagai juara dalam laga yang akan diadakan di Baku, Azerbaijan.

Pemenang dari ajang Europa League akan lolos ke fase grup Champions League. Apabila tim tersebut finis di luar peringkat empat besar Premier League, maka akan ada lima tim dari Inggris yang lolos ke fase grup Champions League musim depan.

Sementara itu, apabila tim lain yang menjadi juara finis di peringkat empat besar, maka hanya akan ada empat tim dari Inggris yang lolos ke fase grup Champions League. Tiket ekstra yang tersisa akan diberikan kepada tim yang finis di peringkat ketiga Ligue 1 (Prancis).

6 dari 6 halaman

Bila Klub Inggris Gagal di Liga Champions dan Liga Europa

Pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-Min dan Harry Kane berebut bola dengan gelandang Manchester City, Fabian Delph dalam leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019, di Tottenham Hotspur, Rabu (10/4). Tottenham Hotspur menang dengan skor tipis 1-0. (Adrian DENNIS / AFP)

Satu negara hanya dapat meloloskan lima tim secara bersamaan ke fase grup Champions League dalam satu musim, jadi hal ini dapat menyebabkan adanya isu apabila ada dua tim Inggris yang menjadi juara kompetisi tersebut dan Europa League dalam musim yang sama.

Namun, hal tersebut tidak dapat terjadi musim ini mengingat Liverpool dan Chelsea sudah dipastikan akan finis di peringkat empat besar Premier League, sementara Arsenal dan Tottenham Hotpsur akan memperebutkan satu posisi terakhir.

Apabila di masa depan skenario tersebut terjadi ketika dua tim Inggris menjadi juara Champions League dan Europa League namun finis di luar posisi empat besar, maka akan ada sembilan tim (lima di Liga Champions dan Liga Europa).

Sementara apabila terdapat satu tim yang finis di peringkat empat besar dan menjadi juara Champions League atau Europa League, maka akan ada lima tim di Liga Champions dan tiga di Liga Europa pada musim berikutnya.

Berita Terkait