Adu Kuat Per Sektor Bhayangkara FC Vs Madura United di BRI Liga 1: Pemain Asing Jadi Tumpuan Kekuatan

oleh Wahyu Pratama diperbarui 16 Sep 2021, 12:56 WIB
BRI Liga 1 - Duel Antarlini - Bhayangkara FC Vs Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pertarungan Bhayangkara FC dan Madura United bakal menjadi ujian kelayakan dua favorit juara musim ini. Pertemuan ketujuh diantara keduanya ini bakal terjadi pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/22, Jum'at (18/9) sore WIB.

The Guardian, julukan Bhayangkara FC berhak jemawa menghadapi laga ini. Pasalnya, mereka belum pernah merasakan kekalahan dari Madura United dengan rincian lima kemenangan dan satu imbang.

Advertisement

Anak asuh Paul Munster ini juga bertekad kembali ke tren kemenangan. Setelah menang 2-1 atas Persiraja di pekan perdana, mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Arema FC.

Sementara itu, Madura United tak dalam posisi yang ideal saat menghadapi Bhayangkara FC. Ketiadaan Zulfiandi membuat progresi bola yang dikehendaki pelaith Rahmad Darmawan sedikit tersendat.

Dua hasil imbang berturut-turut seolah membuktikan hal tersebut. Mereka tak mampu meraih kemenangan atas Persikabo 1973 dan PSM Makassar yang berhasil menahan mereka dengan skor identik 1-1.

Lantas bagaimana dengan pertarungan Bhayangkara FC dan Madura United nanti? Bola.com membedah ulasan lini per lini antar kedua tim.

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Bek Bhayangkara FC, Anderson Salles, mengontrol bola saat melawan Perseru Badak Lampung FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (16/8). Bhayangkara FC takluk 0-1 dari Badak Lampung FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bhayangkara FC sejatinya tak memiliki masalah berarti di lini pertahanan. Hanya miss koordinasi yang membuat mereka selalu kebobolan di dua laga perdana BRI Liga 1 2021/2022.

Paulo Henrique (Persiraja) dan Dendi Santoso (Arema FC) berhasil memanfaatkan manajemen komunikasi yang buruk. Anderson Salles dkk. wajib lebih solid saat menghadapi umpan-umpan crossing yang masuk ke kotak penalti.

Hal serupa sejatinya juga berlaku bagi Laskar Sape Kerrap, julukan Madura United. Kuartet pertahanan mereka berkali-kali kecolongan lewat kecepatan pemain sayap lawan.

Sisi kiri pertahanan yang dijaga Andik Rendika Rama perlu mendapatkan perhatian serius. Sebab, dua kebobolan Madura United tercipta dari mudahnya sektor ini ditembus.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Serangan Madura United akhirnya berbuah manis. Tepatnya pada menit ke-41, Hugo Gomes Dos Santos Silva alias Jaja berhasil memanfaatkan kemelut depan gawang Persikabo 1973 menjadi gol.

Tak bisa menurunkan T.M. Ichsan yang menerima kartu merah di laga sebelumnya, Bhayangkara FC sepertinya tak risau sedikit pun. Sebab, mereka memiliki sederet pengganti yang tak kalah berkualitas.

Renan Silva tentu akan dikedepankan dalam membongkar pertahanan lawan. Pemain terbaik Liga 1 2019 ini memiliki kreativitas di atas rata-rata dan hanya perlu saja kesalahan saja untuk menghukum Madura United.

Sementara itu, Kim Jin-sung kemungkinan besar akan kembali diandalkan di pertandingan ini. Pemain asal Korea Selatan tersebut turut menyumbang assist dalam pertandingan debutnya kontra PSM Makassar pekan lalu.

Tetapi sorotan di lini kedua Madura United harus diberikan kepada Hugo Gomes dos Santos Silva atau yang lebih dikenal dengan julukan Jaja. Alumnus timnas Brasil di Piala Dunia U-20 memiliki kemampuan untuk mengatur serangan dengan atraktif.

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Ezechiel N'Douassel. Striker Bhayangkara FC asal Chad berusia 33 tahun ini didatangkan dari Persib Bandung pada 22 Januari 2020 dan sempat mmperkuat timnya berlaga di Piala Menpora 2021. (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Ezechiel N'Douassel jelas akan kembali diandalkan Bhayangkara FC di laga ini. Ketajaman kapten Timnas Chad itu sudah ditunjukkan dengan memborong tiga gol yang dilesakkan Bhayangkara FC musim ini.

Dukungan dari sektor sayap jelas memberi keuntungan bagi posturnya yang tinggi besar. Tetapi yang harus digarisbawahi, kekuatan mantan pemain Persib Bandung itu tak hanya duel udara saja.

Sedangkan Madura United akan tetap mengandalkan Rafael Silva di lini serang. Ditempatkan sebagai target-man, kualitas sebenarnya pria asal Brasil itu belum benar-benar terlihat meski telah membuka keran golnya di akhir pekan lalu.

Rekan-rekannya wajib memberikan suplai bola yang lebih efektif sehingga memudahkan tugasnya sebagai tukang gedor Madura United. Apalagi mantan penyerang Barito Putera ini dikenal memiliki tandukan mematikan. 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait