Ulasan Media Korea Setelah Kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao: Sentuhan Magis Shin Tae-yong Makin Mantap!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 25 Sep 2022, 19:45 WIB
Pelatih Shin Tae-yong menurunkan semua penggawa Timnas Indonesia yanag merumput di luar negeri menjadi starter, kecuali Asnawi Managkualam yang mengalami cedera dan akhirnya sama sekali tidak dimainkan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Media-media Korea Selatan ikut memberitakan kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (24/9/2022) malam.

Kemenangan 3-2 atas Curacao membuat Timnas Indonesia bakal naik tiga peringkat di FIFA.

Advertisement

"Lagi-lagi sentuhan magis Shin Tae-yong. Indonesia mengalahkan Curacao 3-2, tim yang unggul 71 level di peringkat FIFA," tulis Xport News.

Semenjak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia, media-media Korea memang rajin memberitakan aktivitas skuad Garuda.

2 dari 5 halaman

Piala AFF 2022

Style atau gaya Shin Tae-yong menyita perhatian ketika Timnas Indonesia bertemu Curacao dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (24/9/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Xport News juga mengulas ajang yang akan diikuti Timnas Indonesia setelah FIFA Matchday, yakni Piala AFF 2022.

Itu bakal menjadi event kedua STY.

"Shin Tae-yong melanjutkan perjuangannya untuk memenangkan AFF 2022 yang akan diadakan pada bulan Desember. Shin Tae-yong, yang sayangnya menjadi runner-up setelah kalah dari Thailand di edisi terakhir," tulis Xport News.

3 dari 5 halaman

Laga Sulit

Outfit seperti ini jarang digunakan STY dalam menjalani sebuah pertandingan. Biasanya Shin tae-yong memilih berbusana yang praktis seperti poloshirt dengan logo Timnas Indonesia dan celana olahraga. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong mengaku Timnas Indonesia sempat kesulitan dengan permainan Curacao. Namun, daya juang pemain dan semangat pantang menyerah membuat kemenangan bisa diraih dengan sempurna.

"Memang Curacao memiliki peringkat FIFA jauh di atas kami. Secara postur tubuh mereka juga lebih tinggi dari kami. Banyak hal yang menyulitkan tim kami sampai gol pertama dicetak lawan," ucap Shin Tae-yong pasca-pertandingan.

"Akan tetapi, kami bisa membalikkan keadaan dan punya kehausan untuk menang di kandang. Para pemain sangat bekerja keras. Saya berterima kasih banyak karna pemain sudah bermain dengan baik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

4 dari 5 halaman

Warna Baru

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri saat laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong memainkan formasi 3-4-3 ketika beruji coba dengan Curacao. Yakob Sayuri menyisir pos wingback kanan Timnas Indonesia yang biasanya diisi oleh Asnawi Mangkualam.

Shin Tae-yong mencadangkan Asnawi Mangkualam dan tidak menurunkan bek asal Ansan Greeners itu saat menang 3-2 atas Curacao.

"Untuk Yakob, bukan pertama kali saya memilih dia. Tetapi sudah pernah saya panggil sejak 2021," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi, saya memilih dia untuk membantu serangan agar lebih baik, berbeda dengan pertahanan. Dia bermain baik," jelasnya.

 

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ketiga ke gawang Timnas Curacao yang dicetak Dimas Drajad (tengah) dalam laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selasa, 27 September 2022

Timnas Indonesia Vs Curacao

  • Stadion Pakansari, Bogor
  • Kick-off: pukul 20.00 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar
  • Live streaming: Vidio

Berita Terkait