Sukses


    6 Fakta Menarik di Balik Rekor Gol Cristiano Ronaldo di Level Internasional

    Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, berhasil memecahkan rekor gol internasional lewat dua gol yang dicetaknya ke gawang Republik Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB. Bintang sepak bola yang baru bergabung bersama Manchester United itu mencetak gol ke-110 dan 111 untuk Timnas Portugal dalam laga tersebut.

    Timnas Portugal sebenarnya hampir saja kalah dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa itu. Gol John Egan pada menit ke-45 membuat Portugal harus tertinggal lebih dulu.

    Beruntung Cristiano Ronaldo mampu mencetak gol penyeimbang kedudukan pada menit ke-89 dan kemudian membalikkan kedudukan untuk membawa Portugal menang 2-1 lewat gol yang tercipta pada menit ke-90+6. Dua gol tersebut membuat Cristiano Ronaldo berhasil menorehkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak di level sepak bola internasional atau di level tim nasional.

    Sebenarnya, pada Euro 2020 lalu, Cristiano Ronaldo sudah diambang pemecahan rekor gol tersebut. Ketika menghadapi Prancis di Piala Eropa tersebut, Cristiano Ronaldo sukses mencetak gol kedua Portugal dalam laga tersebut, pemain Manchester United itu sudah menyamai rekor gol yang dipegang oleh legenda Iran, Ali Daei yang mencetak 109 gol dalam 149 pertandingan dalam 13 tahun karier internasionalnya hingga pensiun pada 2007.

    Kini Cristiano Ronaldo memegang rekor tersebut dan tampaknya masih akan terus menambah catatan golnya bersama Portugal sehingga sulit dikejar oleh pemain-pemain lain. Berikut deretan fakta menarik terkait rekor gol yang dimiliki Cristiano Ronaldo.

     

    2 dari 7 halaman

    Rataan Gol Bersama Timnas Portugal

    Cristiano Ronaldo, yang memulai debutnya bersama Timnas Portugal dalam laga kontra Yunani pada laga pembuka Euro 2004, memiliki rata-rata 6,47 gol per tahun untuk Timnas Portugal.

    Jumlah gol terbanyak dalam setahun adalah 14 gol yang dicetaknya pada 2019. Itu termasuk hattrick yang dicetaknya ke gawang Swiss, quattrick dan hattrick dalam dua laga menghadapi Lithuania.

    Cristiano Ronaldo berhasil mencetak 58 gol untuk Portugal hanya dalam 62 pertandingan saat genap berusia 30 tahun pada 2015 silam. Namun, kini ia mampu mengemas hampir dua kali jumlah gol tersebut dalam kurun waktu enam tahun.

     

    3 dari 7 halaman

    Kaki Kanan yang Ganas

    Dari 111 gol yang dicetaknya, Cristiano Ronaldo tercatat telah menggunakan kaki kanan, kaki kiri, dan kepalanya. Namun, harus diakui kaki kanannya adalah yang paling ganas hingga menorehkan 59 gol.

    Cristiano Ronaldo mencetak 25 gol dengan menggunakan kaki kirinya, dan kepalanya tidak kalah tajam dengan jumlah 27 gol berasal dari tandukannya.

     

    4 dari 7 halaman

    Tim Lawan yang Paling Sering Dibobol Cristiano Ronaldo

    Jika di-break down, Cristiano Ronaldo mencatatkan gol terbanyak ke gawang Lithuania, yang dibuatnya pada 2019 lalu. Dalam dua pertandingan saja, Cristiano Ronaldo sukses menjebol gawang Lithuania dengan torehan 7 gol dan menjadikan Lithuania sebagai tim dengan jumlah kebobolan terbanyak oleh bintang Portugal ini.

    Namun, bukan hanya Lithuania yang menjadi tim yang paling banyak dibobol oleh Cristiano Ronaldo. Swedia pun turut menjadi korban, di mana Cristiano Ronaldo mencetak 7 gol dalam 7 pertandingan melawan Swedia.

    Tim-tim selanjutnya yang cukup sering dibobol oleh Cristiano Ronaldo adalah Luksemburg, Andorra, dan Hungaria, dengan catatan 6 gol, serta Amrmenia dan Latvia dengan 5 gol.

     

    5 dari 7 halaman

    Kiper yang Paling Sering Dibobol Cristiano Ronaldo di Level Internasional

     

    Dari catatan di atas tadi, bisa dikatakan bahwa kiper Lithuania, Ernestas Setkus, adalah orang yang paling sedih jika berhadapan dengan mantan bintang Real Madrid dan Juventus itu.

    Setkus tercatat tujuh kali kebobolan oleh Cristiano Ronaldo, yang artinya semua gol Ronaldo ke gawang Timnas Lithuania adalah ketika Setkus tampil sebagai penjaga gawang.

    Kemudian ada Josep Gomes dari Andorra dan Roman Berezovskiy dari Armenia. Gomes tercatat sudah 6 kali kebobolan sementara Berezovskiy 5 kali kebobolan.

    6 dari 7 halaman

    Kualifikasi Piala Dunia, Event dengan Torehan Gol Terbanyak

    Sementara itu, Cristiano Ronaldo telah tampil di berbagai event bersama Timnas Portugal, mulai dari fase kualifikasi hingga putaran final kejuaraan, seperti Euro maupun Piala Dunia. Dari catatan golnya, Cristiano Ronaldo paling sering mencetak gol di pertandingan kualifikasi Piala Dunia dengan torehan golnya mencapai 33 gol dalam 42 laga.

    Kemudian Cristiano Ronaldo mencetak 31 gol dalam 35 laga dalam kualifikasi Euro, 19 gol dalam 51 laga persahabatan internasional, 14 gol dalam 24 pertandingan di Euro, serta 7 gol dalam 17 laga di Piala Dunia. Tujuh gol lain dicetak di UEFA Nations League dan Piala Konfederasi.

     

    7 dari 7 halaman

    Deretan Rekor Gol Cristiano Ronaldo Lainnya

     

    • - Pencetak gol terbanyak Portugal sepanjang masa: 111 gol (Pauleta di posisi kedua dengan 47 gol)
    • - Gol terbanyak di Kejuaraan Euro: 14 gol (Michel Platini di posisi kedua dengan 9 gol)
    • - Gol terbanyak di Piala Dunia dan Euro: 21 gol (Miroslav Klose ada di posisi kedua dengan 19 gol)
    • - Pencetak gol terbanyak di Euro termasuk kualifikasi: 45 gol
    • - Mencetak gol dalam jumlah edisi Euro terbanyak: 5 edisi (sejak 2004 hingga 2020)
    • - Pencetak gol terbanyak dalam kualifikasi Piala Dunia zona Eropa: 33 gol

    Video Populer

    Foto Populer