Sukses


Aji Santoso Bicara Alasan Thailand Jadi Lawan Terkuat Timnas Indonesia di Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi empat tim pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Selain Thailand, juga ada Filipina, Singapura, dan Timor Leste. 

Pengamat sepak bola asal Jatim, Aji Santoso, mengatakan format baru yang diberlakukan di Piala AFF kali ini akan menyulitkan Timnas Indonesia. Namun, ia meyakini Thailand akan menjadi lawan terkuat bagi Tim Merah Putih pada babak ini.

Berdasarkan format baru, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga kandang dan dua partai tandang di fase Grup B. Laga kandang Timnas Indonesia adalah menghadapi Timor Leste (13 November) dan Filipina (25 November). Adapun Skuat Garuda akan menjalani partai tandang di Singapura (9 November) dan Thailand (11 November). 

"Thailand sampai saat ini menyandang predikat raja Asia Tenggara. Mereka selalu memiliki tim yang kuat di level Timnas senior, meski sebetulnya kekuatan tim-tim di Asia Tenggara saat ini sudah mulai merata," ujar pelatih Persela Lamongan itu.

Aji juga menyebutkan organisasi permainan Thailand yang rapi dipadu ketenangan para pemainnya membuat tim berjulukan The War Elephants itu tak mudah ditaklukkan. Lebih-lebih jika mereka tampil di kandang sendiri.

"Thailand sangat perkasa di kandangnya. Mereka telah menunjukkan betapa kuatnya tim ini bila bermain di hadapan ribuan pendukungnya sendiri," tutur eks pelatih Timnas U-23 SEA Games 2015 itu.

Aji mengingatkan siapa pun lawannya Timnas Indonesia harus tampil dalam performa terbaik. "Dari pengamatan saya, tidak ada tim lemah di grup ini. Semua punya potensi untuk saling mengalahkan. Sekarang tinggal siapa yang mampu menjaga konsistensi permainan di kandang dan tandang, serta mental tanding," jelas mantan pelatih Persebaya IPL ini. 

Video Populer

Foto Populer