Sukses


Prediksi Persipura Vs Persija: Bidik 3 Poin di Tempat Netral

Bola.com, Tenggarong - Persipura Jayapura dan Persija Jakarta mendapat kehormatan melakoni laga perdana kasta tertinggi sepak bola Indonesia di wilayah calon Ibu Kota Republik Indonesia. Laga tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 ini bakal digelar di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada pidato kenegaraan 16 Agustus lalu di Gedung DPR-RI telah menyebut sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, akan menjadi Ibukota RI menggantikan DKI Jakarta.

Kebetulan, Stadion Aji Imbut, Tenggarong, yang merupakan kandang Mitra Kukar, lama tak menggelar laga kasta tertinggi sepak bola Indonesia, mengingat Naga Mekes terdegradasi dari Liga 1 pada musim lalu. Namun, Stadion Aji Imbut kini mendapatkan kesempatan untuk menggelar laga kasta tertinggi karena Persipura Jayapura tak bisa menggunakan Stadion Mandala, Jayapura, untuk menjamu Persija Jakarta.

"Kami tinggal menjalani saja jadwal baru yang telah ditetapkan PT LIB. Kami harus main di Tenggarong, karena Stadion Mandala Jayapura dipersiapkan untuk PON Papua 2020. Soal daerah ini bakal jadi Ibu Kota Indonesia, kami menyikapi biasa saja. Bagi Persipura bagaimana memenangkan pertandingan ini," tutur Jacksen F. Tiago, pelatih Persipura.

Sosok asal Brasil ini tetap punya misi khusus saat meladeni Macan Kemayoran karena sejatinya partai ini memang jatah kandang bagi Mutiara Hitam.

"Secara psikologis, pemindahan tempat ini merugikan kami. Tapi, kami tak bisa menolak karena Stadion Mandala tak bisa dipakai. Namun, itu bukan kendala bagi Persipura untuk mengamankan tiga poin dalam laga kandang. Ini kesempatan kami untuk terus menyodok ke papan atas klasemen Liga 1," kata Jacksen Tiago.

Mantan juru taktik Barito Putera ini yakin Boaz Solossa dkk. telah punya mental kuat bermain di tempat netral. "Mereka pemain profesional. Mereka siap main kapan saja dan di mana saja. Musim ini, kami sudah mampu meraih poin absolut di kandang lawan. Itu bukti mental pemain sudah bangkit lagi," ujar Jacksen Tiago.

Seperti biasa, pelatih yang domisili di Surabaya ini tak menganggap satu pemain bintang sebagai ancaman, semisal Marko Simic.

"Persija Jakarta bukan hanya Marko Simic. Tapi mereka adalah sebuah tim kolektif yang bisa mengancam kami. Persipura juga demikian. Artinya, tim yang punya taktik dan strategi terbaik akan menjadi pemenang," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Persija Butuh 3 Poin Penting

Persija Jakarta, yang belum meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir, tentu menargetkan kemenangan dalam lawatan ke Tenggarong. Apalagi saat ini Persija masih terjebak dalam zona bahaya di papan bawah klasemen Liga 1 2019.

Pelatih Macan Kemayoran, Julio Banuelos, menegaskan persiapan yang baik sudah dijalani oleh Macan Kemayoran untuk bisa mendulang poin ketika menghadapi Persipura.

"Persiapan kami sangat baik, di mana perkembangan tim juga sangat signifikan. Saya berharap semua pemain yang diturunkan bisa tampil baik dan maksimal untuk memenangi pertandingan," ujar Banuelos.

Menghadapi Mutiara Hitam, Persija harus kehilangan empat pemain. Andritany Ardhiyasa memperkuat Timnas Indonesia, Rohit Chand pun memperkuat Timnas Nepal. Sementara dua pemain lain, Novri Setiawan menjalani hukuman akumulasi kartu, dan Ismed Sofyan tengah berhalangan.

Namun, Banuelos sudah bisa memaksimalkan tiga pemain anyar yang sudah bergabung dengan Persija, yaitu Fachruddin Aryanto, Joan Tomas, dan Xandao. Sejauh ini, baru Fachruddin yang sudah mendapatkan debut bersama Persija di laga sebelumnya.

Memiliki peluang besar untuk kembali tampil saat Persija menghadapi Persipura, Fachruddin menegaskan kondisi penggawa Macan Kemayoran sangat siap untuk meraih kemenangan dengan persiapan yang cukup panjang selama jeda kompetisi.

"Saya sudah siap karena persiapan cukup lama. Kondisi fisik lebih baik karena ada waktu jeda yang agak panjang. Saya pikir teman-teman akan bekerja keras dan fokus untuk pertandignan ini karena Persija sangat membutuhkan poin. Kami harus bekerja keras dan fokus," ujar Fachruddin.

Bicara soal keyakinan Persija meraih tiga poin di Tenggarong, Julio Banuelos mengatakan, "Saya akan berusaha semaksimal mungkin membantu tim mendapatkan tiga poin karena kami membutuhkan kemenangan.

 

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta Persipura vs Persija

Lima Pertemuan Terakhir Persipura vs Persija

  • 25/10/18 Persipura 1 - 2 Persija
  • 25/05/18 Persija 2 - 0 Persipura
  • 18/10/17 Persipura 3 - 0 Persija
  • 08/07/17 Persija 1 - 1 Persipura
  • 10/09/16 Persija 1 - 1 Persipura

 

Lima Laga Terakhir Persipura Jayapura

  • 02/08/19 Persebaya Surabaya 1 - 0 Persipura
  • 06/08/19 PSIS Semarang 1 - 3 Persipura
  • 14/08/19 Persipura 2 - 0 Kalteng Putra
  • 19/08/19 Borneo 1 - 1 Persipura
  • 23/08/19 Barito Putera 0 - 4 Persipura

 

Lima Laga Terakhir Persija Jakarta

  • 16/08/19 Madura United 2 - 2 Persija
  • 20/08/19 Persija 3 - 0 Kalteng Putra
  • 24/08/19 Persebaya Surabaya 1 - 1 Persija View events
  • 28/08/19 Persija 0 - 0 PSM
  • 01/09/19 Persija 0 - 1 Badak Lampung
4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura (4-4-2): Dede Sulaiman (kiper); Andre Ribeiro, Israel Wamiau, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe (belakang); Ian Louis Kabes, Ibrahim Conteh, Oh Inkyun, Mamadou Samassa (tengah); Boaz Solossa, Titus Bonai (depan)

  • Pelatih: Jacksen Tiago

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Tony Sucipto, Maman Abdurrahman, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Fitra Ridwan, Joan Tomas (tengah); Riko Simanjuntak, Heri Susanto, Marko Simic (depan)

  • Pelatih: Julio Banuelos

Video Populer

Foto Populer