Sukses


Mengulik Ketangguhan Klub dalam Laga Tandang dan Pencapaian Prestasi di Liga 1

Bola.com, Jakarta - Sudah menjadi hal yang lumrah dalam sepak bola yakni untuk memenangi pertandingan sebanyak-banyaknya demi meraih gelar juara. Namun, tentu saja hal itu tak mudah karena setengah perjalanan kompetisi harus dilalui dalam laga tandang.

Berbeda dengan bermain di kandang, tantangan berstatus tim tamu lebih berat untuk dijalani. Selain jarang mendapatkan dukungan dari suporter, tim tamu juga kerap mendapatkan tekanan besar dari pendukung tuan rumah.

Jadi, mental tentu saja menjadi kunci untuk bisa mencuri poin di kandang lawan. Hal itu pernah dibuktikan Bhayangkara FC saat menjuarai Liga 1 2017.

Tim asuhan Simon McMenemy itu berhasil menjelma menjadi tim tangguh tak hanya di kandang melainkan juga tandang. Bhayangkara FC ketika itu berhasil memenangi sembilan pertandingan, meraih dua kali imbang, dan enam kali kalah sebagai tim tamu.

Jumlah tersebut membuat Bhayangkara menjadi tim yang paling banyak menang di kandang lawan pada 2017. Secara keseluruhan, Bhayangkara FC berhasil mencuri 29 poin di kandang lawan dalam 17 laga yang dimainkan.

"Ini masalah mental dan bisa dilatih sehari-hari bagaimana mereka mengatasi hal ini. Ketika mereka sudah tahu, itu akan membuat pemain merasa percaya diri ketika bermain," kata Simon McMenemy ketika itu.

Pada Liga 1 2018, Bhayangkara FC juga berhasil mendulang banyak kemenangan dalam laga tandang yakni sebanyak 7 kali. Namun, jumlah catatan kekalahan juga banyak yakni mencapai 10 kali.

Adapun pada Liga 1 2019, Bhayangkara FC yang sudah diasuh Paul Munster juga berhasil mempertahankan tren tangguh di kandang lawan. Klub berjuluk The Guardians itu memenangi delapan laga dari 17 laga tandang dan menjadi klub yang paling banyak mencuri poin di markas lawan.

Catatan itulah membuat Bhayangkara FC bisa disebut sebagai tim paling tangguh dalam laga tandang sepanjang era Liga 1. The Guardians berhasil 78 poin dari 51 laga tandang medio 2017-2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Berhasil Ditiru Persija

Ketangguhan Bhayangkara FC dalam laga tandang berhasil ditiru Persija Jakarta pada 2018. Klub yang ketika itu diasuh pelatih Stefano Cugurra Teco berhasil mengumpulkan banyak kemenangan di kandang lawan.

Catatan laga tandang Persija pada 2018 yakni tujuh kali menang, empat kali imbang, dan enam kali kalah. Jumlah itu membuat Persija menjadi klub dengan raihan poin terbanyak dalam laga tandang yakni sebesar 20 poin.

Pelatih Stefano Cugurra Teco mengakui, perjuangan Persija dalam meraih gelar Liga 1 2018 memang berat. Para pemainnya memiliki mental yang tangguh dalam laga tandang karena sudah terbentuk pada laga kandang.

Teco juga menyebut mental pemainnya luar biasa. Maklum, pada 2018 Persija menjadi tim musafir yang bermain berpindah-pindah stadion ke Sultan Agung (Bantul), Stadion Patriot Chandrabagha (Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor), hingga Stadion PTIK (Jakarta).

"Tahun ini tidaklah mudah bagi kami. Kami tidak punya homebase dan stadion sendiri, tapi pemain punya mental luar biasa untuk bertanding di luar Jakarta. Bersyukur pemain punya mental luar biasa. Saya pikir ini kerja keras yang luar biasa," ucap pelatih asal Brasil itu.

3 dari 4 halaman

Tak Melulu Jaminan Juara

Tangguh di kandang lawan ternyata bukan jaminan untuk bisa mulus meraih gelar. Hal itu juga harus didukung penampilan tangguh di kandang.

Persebaya Surabaya sudah membuktikan pada Liga 1 2019. Klub asal Jawa Timur gagal juara dan finis di peringkat kedua meskipun punya catatan laga kandang yang bagus.

Persebaya berhasil mencuri 24 poin dalam laga kandang. Jumlah itu mengungguli catatan tandang Bali United yang berhasil menjadi juara Liga 1 2019.

Bali United hanya menang enam kali dan imbang lima kali dari 17 laga yang dimainkan di kandang lawan. Artinya, Bali United mengemas 23 poin dalam laga tandang.

Namun, Bali United berhasil memaksimalkan laga kandang untuk mendulang poin penuh. Ketika itu, Bali United mampu mengumpulkan 41 poin di kandang berkat 13 kali menang dan dua kali imbang.

4 dari 4 halaman

Klasemen Tandang di Liga 1

Liga 1 2017

1. Bhayangkara FC = 29 poin (juara)

2. Bali United = 23 poin (peringkat kedua)

3. Persija Jakarta = 23 poin (peringkat keempat)

4. Persipura Jayapura = 22 poin (peringkat keenam)

5. Madura United = 20 poin (peringkat kelima)

Liga 1 2018

1. Persija Jakarta = 25 poin (juara)

2. PSM Makassar = 21 poin (peringkat kedua)

3. Bhayangkara FC = 21 poin (peringkat ketiga)

4. Persib Bandung = 21 poin (peringkat keempat)

5. Borneo FC = 15 poin (peringkat ketujuh)

Liga 1 2019

1. Bhayangkara FC = 28 poin (peringkat keempat)

2. Persebaya Surabaya = 24 poin (peringkat kedua)

3. Bali United = 23 poin (juara)

4. Persipura Jayapura = 23 poin (peringkat ketiga)

5. Madura United = 23 poin (peringkat kelima)

Video Populer

Foto Populer