Sukses


PSSI Masih Belum Membenarkan Daftar 11 Pemain yang Dicoret dari Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Sejak Senin (10/8/2020) siang WIB, Bola.com telah mengendus informasi pencoretan di tubuh Timnas Indonesia U-19. Totalnya mencapai 11 pemain. Dugaan ini bermula dari unggahan Sutan Zico di Instagram pribadinya, @sutanzicooo.

Postingan yang bertuliskan "tetap tegak dan melangkah" ini mendulang komentar dari rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-19. Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan menyemangati Zico untuk tidak patah semangat.

Pada saat itu juga, Bola.com langsung mengontak Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, untuk mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut. Sayangnya, hasilnya nihil karena keduanya diam seribu bahasa.

Keesokan harinya atau pada Selasa (11/8/2020), PSSI melalui lamannya memuat pemberitaan berjudul "Pulangkan 11 Pemain, Timnas Indonesia U-19 Fokus TC Selanjutnya". Ada kejanggalan dalam isi berita tersebut. Sebab, PSSI tidak merilis identitas sebelas pemain yang didepak oleh Shin Tae-yong.

Namun, daftar sebelas pemain itu tetap bocor. Mereka yang tidak bernasib mujur meliputi Alif Jaelani, Hamsa Lestaluhu, Sutan Zico, Mahmud Cahyono, M. Darmawan, Figo Sapta, Kartika Vedhayanto, Rifaldo Lestaluhu, Mifakhul Husyen, Deka M. Toha, dan Arya Putra Gerryan.

2 dari 3 halaman

PSSI Masih Bungkam

Ketika daftar nama itu beredar, Bola.com kembali mencari tau kebenarannya ke PSSI. Kali ini melalui Kepala Media PSSI, Eko Rahmawanto. Hasilnya juga nihil. Dia meminta pertanyaan ini untuk dialamatkan kepada Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Namun, Indra Sjafri juga tidak merespons ketika dikontak Bola.com. Masih penasaran, Yunus Nusi kembali dihubungi. Kali ini, ia membalas namun jawabannya jauh dari kata memuaskan.

"Maaf, terkait Timnas Indonesia sekarang satu pintu komentarnya melalui Ketua PSSI," kata Yunus Nusi, Selasa (11/8/2020).

Dalam pemberitaan di laman PSSI itu, juga tidak dijelaskan dengan lengkap mengapa Shin Tae-yong memulangkan belasan nama itu. Arsitek asal Korea Selatan ini disebutkan terpaksa mengurangi jumlah pemain yang ada di skuatnya saat ini untuk kelanjutan pemusatan latihan di luar negeri.

"Mereka tidak bisa dikatakan kalah bersaing. Namun, kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan lanjut ke TC selanjutnya, terutama ketika digelar di luar negeri," kata Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

"Pada pekan ini, kami sudah memberikan peningkatan materi dalam latihan. Selain itu, kami juga akan mengasah mental dan terus memberikan nutrisi yang baik kepada pemain," imbuhnya.

Adapun, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 telah berlangsung sejak 7 Agustus 2020. Shin Tae-yong mulanya memanggil 46 pemain, sebelum dikerucutkan menjadi 35 nama.

3 dari 3 halaman

Video

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer