Sukses


Hadapi Klub Lokal, Ini Upaya Arema Agar Aman dari Ancaman COVID-19

Bola.com, Malang - Arema FC akan menjalani uji coba kedua di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (29/8/2020), melawan klub lokal, kemungkinan besar adalah Kaki Mas, Dampit.

Ada sisi lain yang jadi sorotan dari uji coba ini. Arema tak hanya edar melihat permainan dua pemain muda asal Brasil, Hugo Guilherme Grillo dan Pedro Henrique Bartolli, tapi juga membuat tim aman dari ancaman virus corona.

Pasalnya, tim lawan tentu tidak menjalan protokol kesehatan seperti tim Arema FC, ssehingga mereka harus melakukan langkah untuk memastikan pemain lawan dalam kondisi steril dari virus.

Dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi mengakui jika tidak mudah menjaga internal tim dalam sebuah ujicoba dengan klub amatir.

“Kami masih upayakan kepada manajemen agar lawan menjalani rapid tes dulu sebelum ujicoba. Tapi jika tidak bisa, ya tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan di lapangan sebelum pertandingan dimulai,” jelasnya.

Pemerisakaan kesehatan tentu tidak detail seperti swab test karena yang dilakukan hanya mengukur suhu tubuh dan kondisi pemain terkini. Ini agak berisiko karena orang yang terjangkit COVID-19 juga bisa saja tidak mengalami gejala.

“Dalam ujicoba sebelumnya (melawan Arema U-20), kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan di lapangan untuk lawan,” sambung mantan dokter Timnas Indonesia U-23 ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Sulit Cari Lawan dari Liga 1

Arema akan lebih aman jika beruji coba melawan tim Liga 1 karena mereka pasti menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, pemain dan official juga sudah menjalani rapid tes.

Tapi, tidak mudah mendapat lawan dari Liga 1 karena mereka kini masih dalam fase persiapan awal.

Arema juga tentu belum siap menghadapi laga kuat dalam waktu dekat. Mereka baru tiga pekan menjalani latihan bersama setelah libur 5 bulan lalu.

“Kalau dilihat dari sisi protokol kesehatan, memang lawan tim Liga 1 lebih aman. Tapi kami harap meski lawan tim lokal tetap aman. Karena kami juga memantau lawan berasal dari lingkungan yang daerahnya tidak banyak terjangkit virus corona,” jelas asisten pelatih Arema, Kuncoro.

Video Populer

Foto Populer